Tim Gabungan Polres Bojonegoro dan Polsek Lakukan Penertiban Penambang Pasir Mekanik

Bojonegoro,tb.com –Menindak lanjuti adanya  laporan masyarakat yang merasa resah dengan penambangan pasir secara mekanik yang meresahkan yang dapat menyebabkan tanah longsor di pesisir bantaran sungai bengawan solo. Pagi tadi, Kamis (09/03/2017) dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB, gabungan Polres Bojonegoro dan Polsek Kalitidu, Polsek Malo dan Polsek Trucuk melakukan penertiban penambangan pasir yang menggunakan peralatan mekanik di yang dimulai dari bantaran sungai di Desa Kanten Kecamatan Trucuk hingga Desa Mlaten Kecamatan Kalitidu.

Sebanyak 21 personil yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Syabain Rahmad, SH terdiri dari 6 personil Sabhara, 2 Personil Sat Reskrim, 2 Personil Sat Intelkan dan 1 personil dari Sie Propam Polres Bojonegoro dan di back-up dari 3 Polsek tempat dilaksanakan penertiban masing sebanyak 5 personil yang dipimpin langsung Kapolsek wilayah tersebut.

Penertiban penambang pasir dengan menggunakan perahu rubberboat dengan menyisir di pesisir sungai bengawan solo dengan rute penyisiran Desa Kanten – Desa Brenggolo – Desa Pilangsari – Desa Mlaten.

Menurut Kasat Sabhara Polres Bojonegoro AKP Syabain Rahmad, SH Saat tim berada di Desa Mlaten, tim gabungan menemukan aktifitas penambangan dan mengamankan 1 buah alat mekanik. Kemudian saat berada di Desa Pilangsari tim gabungan tidak bisa mengamankan alat makanik yang digunakan oleh penambang dikarenakan sudah ditenggelamkan sendiri oleh pemiliknya dengan menggunakan jeregen sebagai penandanya.

“Tim hanya dapat mengamankan 1buah alat mekanik dan yang satunya sudah ditenggelamkan oleh pemiliknya sendiri”, terang Kasat Sabhara.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si saat dimintai keterangan secara terpisah menegaskan bahwa Polres Bojonegoro akan selalu melakukan penertiban aktifitas penambangan pasir yang dilakukan secara ilegal di wilayah hukum Polres Bojonegoro, karena aktifitas tersebut melanggar hukum serta dapat merusak lingkungan.

Baca :  Oprasi Gabungan Cipta Kondisi Bulan Ramadhan Tidak Ditemukan Pelanggar

“Polres Bojonegoro akan selalu menertibkan penambangan ilegal di wilayah hukum Polres Bojonegoro”, tegas Kapolres.(tb)

Direkomendasikan untukmu