Genset Tanpa BBM di Produksi Warga Selorejo

Genset Tanpa BBM di Produksi Warga Selorejo

Bojonegoro,tb.com – Genset tanpa bahan bakar di produksi warga Desa Selorejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur,Warga yang memproduksi Genset tanpa BBM ini warga Selorejo yang tergabung dalam komunitas LBS (Laskar Berseri Selorejo).

Komunitas Laskar Berseri Selorejo ini ada 6 Divisi yang meliputi bidang ; Seloxy (Bank Sampah), Selobhumi (Pengelolaan SDA), Selocraft (Kerajinan Daur Ulang), GPS (Griya Pustaka Selorejo), SELOLEDA dan Rumah Pelet dan Selobhumi ini sudah dapat memproduksi Genset tanpa bahan bakar yang di ketua oleh Abdul Manan dan beberapa anggota,Ghofar, Yunus, Diyanto, Arga, Ahwan, Toni dan Anam.

Selobhumi awalnya bergerak di pemanfaatan SDA Sumber Daya Alam sampah Organik, terus meluas tapi tidak keluar jalur dari Pengelolaan SDA itu sndiri seperti merakit Genset tersebut dan sudah dapat memproduksi 3 Genset tanpa bahan bakar minyak.Senin 5/03/2018.

Awalnya Selobhumi mempruduksi Genset tanpa bahan bakar minyak ini dengan kekuatan 1 phase 5 kva dengan harga Rp 30 juta dan sekarang sudah ke 3 kali termasuk 3 Phase ini karena selain tanpa BBM genset ini juga tanpa polusi, cuma mesti sering di lakukan cek accu karena genset tersebut bisa bekerja 24 jam dengan rincian : 18jam kerja dengan beban, 6jam self recharge tanpa beban (kopling jalan ) dengan kekuatan tenaga Accu yang di hubungan dengan puli untuk menghasilkan energi listrik yang besar dari Accu sebagai motor pengerak.

Pembuatan genset ini melibatkan kelompok tani dengan biaya mandiri,bahkan dengan pemasaran bisa merahbah sampai luar pulau.

Yuli selaku koordinator mengatakan:” Kita buat Genset ini dengan kekuatan 3 phase yang bisa menghasilkan 20.000 Watt tanpa bahan bakar minyak ini siap kita kirim ke Sorong Papua dengan tenaga pengerak 2 Accu masing 70 Amper untuk menghasilkan tenaga listrik yang berkapasitas 3 Phase.”Ungkapnya.

Baca :  Bantu Bibit Mangga Manalagi TMMD Kodim 0813

Abdul Manan ketua Selobhumi mengatakan:” Selama komunitas ini memproduksi 3 Genset tanpa bahan bakar minyak yang sudah di kirim ke luar pulau,Sorong Papua dan padahal ini yang ke 3 belum juga ada Dinas terkait yang melihat karya Kami.” Tuturnya.

Kepala Desa Selorejo di tempat terpisah mengatakan: “Desa sangat mendukung adanya temuan masyarakat genset tanpa BBM ini,bahkan kalau masyarakat membutuhkan,Pemdes siap membantu apa bila masyarakat membutuhkan untuk lahan pertanian,karena ini bagus bisa menghemat biaya oprasional (BBM)” Tuturnya.***(Eko)

COMMENTS

Tentang Kami | Kontak Kami | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | UU Pers | Disclaimer