Jumat Bersih SDN Ronggomulyo 1 Tuban Membentuk Karakter Sadar Kebersihan

Tuban-Kebersihan adalah bagian dari iman maka perlu di terapkan di generasi dini siswa-siswi untuk menciptakan budaya yang beriman,yaitu kebersihan.dan itu sudah diterapkan oleh Sekolah Dasar Negeri Ronggomulyo 1 Tuban,Jawa Timur.

Sekolahan tersebut menerapkan dengan program yang diberi nama Jumat bersih karena kegiatan tersebut dilakukan setiap hari jumat oleh para siswa dalam bentuk membersihkan lingkungan sekolah bebas dari sampah.

Program tersebut diterapkan di SDN Ronggomulyo 1 Tuban bertujuan untuk membentuk sebuah karakter para siswa supaya sadar akan sampah dalam kebersihan lingkungan sejak dini,yaitu saat duduk di bangku sekolah dasar.

Karena tanpa ada suatu karakter budaya tidak akan bisa di jalankan,maka program pembentukan karakter dilakukan oleh SDN Ronggomulyo 1 Tuban tentang kebersihan lingkungan yang di kemas Jumat bersih.Memang pelik soal sampah tanpa ada kesadaran akan sulit di tanggulangi maka sebuah karakter kesadaran di situ di perlukan dan itu salah satu trobosan pembentukan karakter dini untuk sadar kebersihan lingkungan.

Kegiatan Jumat bersih di SDN Ronggomulyo 1 Tuban ini selalu di lakukan oleh siswa-siswi sudah lama,apa lagi SDN Ronggomulyo 1 ini menyandang gelar sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi.

Salah satu guru SDN Ronggomulyo 1 Tuban Kismiyati mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih ini di lakukan untuk membentuk karakter para siwa supaya memiliki budaya kebersihan entah itu di sekolah maupun di rumah,yang jelas kami sebagai pendidik wajib membentuk karakter siswa yang lebih baik selain memberi materi pembelajaran,”tuturnya pada Jumat 20/9/2019.

Guru cantik yang akrab di sapa Yunita juga senada,bahwa kegiatan Jumat bersih ini sudah menjadi kegiatan rutinan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa sadar tentang kebersihan lingkungan,karena tanpa karakter budaya sulit di jalankan.Dan kalau sudah budaya kesadaran itu ada karena munculnya sebuah karakter dari diri sendiri,”tandasnya.***(Eko-Red)

Baca :  Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Melaksanakan Wisuda Pada Bulan Ini

Direkomendasikan untukmu