Desa Mudung Hendak Sosialisasi Pengisian Perangkat Desa, Digeruduk Warga

Penulis: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com-Warga Desa Mudung berbondong-bondong datangi Balai Desa setempat untuk menghadiri sosialisasi pengisian Perangkat Desa yang digelar oleh Pemerintahan Desa Mudung,Kecamatan Kepohbaru,Kabupaten Bojonegoro dalam rencana mengisi kekosongan Perangkat Desa dengan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes).

Datangya warga berbondong-bondong tersebut disebabkan karena adanya pro dan kontra tentang pengisian perangkat Desa.Dari warga yang kontra menilai pengisian perangkat tersebut seakan di paksakan,mengingat jabatan kepala Desa Mudung tinggal sebentar.Sedangkan dari pihak yang pro mereka mengacu pada aturan soal wewenang Kepala Desa tentang pengisian Perangkat Desa oleh Kepala Desa.

Kegiatan yang direncanakan sosialisasi pengisian perangkat Desa yang tertulis dalam Banner yang terpampang tersebut tidak sesuai karena berubah menjadi himbauan setelah sekitar ratusan masa datangi Balai Desa setempat saat acara sosialisasi digelar pada,Selasa 17/3/2020.

Ratusan masa yang terdiri dari Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak juga beberapa pemuda tersebut datang saat sosialisasi pengisian Perangkat yang dibuka oleh Pemerintah Desa. Masa masuk area Balai Desa dengan tertib untuk menyaksikan proses sosialisasi. Tamu undangan dan masa berbaur menjadi satu di pendopo Balai Desa.

Adanya masyarakat yang pro dan kontra soal pengisian perangkat di Desa Mudung tersebut, pihak Kecamatan Kepohbaru menyarankan untuk di musyawarahkan terlebih dahulu pada masyarakat sebelum proses pengisian dilaksanakan,demi untuk pertimbangan keamanan.

Sri Nurma Arifah Camat Kepohbaru menyampaikan. “Pengisian perangkat Desa harus di musyawarahkan pada masyarakat,tokoh masyarakat,tokoh agama,RT/RW maupun BPD dulu,”pesanya.

“Saya menghimbau kegiatan yang di sosialisasikan ini harus di musyawarahkan bersama,manfaatnya apa dan mudhorotnya apa.Saya kembalikan lagi ke Pemerintah Desa untuk dirundingkan.Saya pengen warga Mudung ini guyub dan rukun,”tegas Camat.

Dari pantuan awak media ini dalam sosialisasi yang didatangi masa tersebut,pihak TNI dan Polri dilingkup Koramil Kepohbaru dan Polsek Kepohbaru juga Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Kepohbaru juga di kerahkan untuk memantau dan mengamankan berjalanya Sosialisasi tersebut.Dan acara teraebut berjalan lancar kondusif.

Baca :  Kapolres Menyampaikan Kamtibmas Dalam Proyek JTB

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Forpimcam Kepohbaru,Camat,Kapolsek,Danramil dan Kepala Desa Mudung berserta Perangkat Desa dan para tamu undangan dalam sosialisasi tersebut digelar.

Direkomendasikan untukmu