12 Kepala Desa di Kecamatan Kanor Dilantik Lewat Video Conference

Penulis : Eko Cahyono

Publisher: Eko Cahyono

Bojonegoro – Adanya pandemi virus Corona (Covid 19) pelantikan Kepala Desa se_Kabupaten Bojonegoro dari hasil Pilkades gelombang III pada 19 febuari 2019 di tahap 3 jadwal proses pelantikan dilaksanakan melalui video conference yang di lakukan oleh Bupati Bojonegoro Dr.Hj.Anna Mu’awanah dengan para Kepala Desa demi menjaga social distancing untuk memutus mata rantai pandemi.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di tiap-tiap Kecamatan pada,Jumat 17/04/2020 sesuai jadwal pelantikan ditahap 3 yang sudah ditentukan.

Dalam pelantikan terbagi 4 jadwal tahap pelantikan Kepala Desa di Kabupaten Bojonegoro dari 233 Desa yang mengikuti Pilkades di gelombang III 2019 dalam periode 2020-2026.Pada pelantikan tahap 1 dan 2 sudah dilalui, juga sama dilaksanakan melalui video conference karena pandemi.

Pada tahap 3 jadwal pelantikan Kepala Desa hari ini paling banyak di ikuti oleh wilayah Kecamatan Kanor,yaitu,Desa Semambung, Kanor, Simbatan, Sarangan, Pesen, Palembon, Sedeng, Temu, Bungur, Nglarangan, Tejo dan Desa Sroyo dari total 82 Desa yang terbagi di 20 Kecamatan yang melaksanakan pelantikan.

Ada total 12 Desa yang mengikuti prosesi pelantikan Kapala Desa hari ini dari total 14 Desa di Kecamatan Kanor yang mengikuti Pilkades pada gelombang III 2019.

Bersuwa foto bersama setelah dilantik

Dari total 14 Desa,1 Desa sudah lebih awal melaksanakan prosesi pelantikan sesuai jadwal pada tanggal 1 April,yaitu Desa Tambahrejo,dan satu lagi yang belum dilantik masuk pada tahap 4 dari jadwal pelantikan pada 4 Mei 2020,yaitu Desa Cangakan.

Dalam sambuatan Bupati Bojonegoro Dr.Hj.Anna Mu’awanah dalam proses pelantikan menyampaikan bahwa pelantikan ini sesuai jadwal ada 83 Kepala Desa karena ada yang meninggal satu akhirnya berjumlah 82 Kepala Desa.

“Mengingat kindisi Kejadian Luar Biasa (KLB) maka di lakukan dengan jarak jauh pelantiakan ini.Maka pelantikan di lakukan dengan jadwal empat tahap dalam kondisi KLB,bila tidak dilantik makan PJ lebih banyak maka pelantikan harus dilakukan lewat video conference”,ungkap Bupati Bojonegoro.

Baca :  Enam Perangkat Desa Karangan Terima SK, Tidak Ada Tanda Tangan Kades

Di Pendopo Kecamatan Kanor setelah usia proses Pelantikan Camat Kanor menyampaikan pesan pada 12 Kepala Desa yang baru dilantik diwilayah Kecamatan Kanor ini untuk menjaga kerukunan di lingkup Pemerintah Desa pasca Pilkdes antara Perangkat Desa dan Kepala Desa.

“Karena tidak menutup kemungkinan ada perbedaan dalam pilihan maka saat menjadi Kepala Desa semua harus disingkronkan dengan komunikasi yang baik.Selain itu harus hati-hati mengelola administrasi Desa jangan sampai kena masalah,kalau tidak mengerti bisa bertanya di Kecamatan atau pendamping Desa,”tutur Moh.Mahfud Camat Kanor.

Selain itu Camat Kanor Moh.Mahfud juga menyampaikan apa yang di sampaikan oleh Bupati tentang penanganan prioritas pandemi virus Corona (Covid 19) di sambutan Bupati dalam pelantikan.

“Untuk penanganan pademi Kades diwilayah Kecamatan Kanor segera koordinasi dengan gugus tugas supaya penanganan tetap menjadi prioritas sesuai Perintah Bupati,”pungkas Camat Kanor.