Menikah Malam 9, Kades Kadungrejo Beri Mahar Surat Arrahman dan Seperangkat Alat Sholat.

Penulis: Eko Cahyono

Publisher: Munir

Transbojonegoro.com – Tradisi Jawa yang tidak lekang oleh jaman bagi pasangan para Pengantin untuk menikah pada malam ke-29 di Bulan Ramadan karena malam tersebut mempunyai kesan dan arti baik bagi para pasangan pengantin yang akan menjalankan ikatan hubungan pernikahan.

Masyarakat menyebut malam Ramadan ke-29 adalah malam Songo atau malam sembilan dalam istilah Jawa.Dan masyarakat mempercayai malam Songo tersebut merupakan hari baik untuk melaksanakan pernikahan tanpa ada hitungan weton atau jarak tanggal lahir bagi pasangan pengantin.Malam Songo adalah malam satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu pasangan pengantin yang melakasanakan pernikahan pada malam Ramadan ke-29 atau yang sering disebut malam Songo ini adalah salah satu Kepala Desa diwilayah Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur,yaitu Kepala Desa Kadungrejo Bambang Suwanto.

Kepala Desa Kadungrejo tersebut menikah dengan seorang wanita asal Desa Kadungrejo yang bernama Muhimatun Nadhifah.Prosesi pernikahan dengan ucapa janji sehidup semati dalam proses ijab kabul akad nikah tersebut di gelar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Baureno dengan penerapakan protokol penanganan Covid 19.

Pasangan pengantin Bambang Suwanto dan Muhimatun Nadhifah ini setelah melaksankan prosesi ijab kabul di depan penghulu di KUA setempat dengan mahar Surat Arrahman dan seperangkat alat sholat pada,21/5/2020,Kamis sore.Kades Kadungrejo bersama istri saat bersuwa foto

Setelah terlaksanaya prosesi Akad nikah yang berjalan dengan lancar dan sah menjadi pasangan suami istri pada sore itu,mereka,kedua mempelai langsung menggelar temu keluarga dan santunan anak yatim-piatu,setelah itu acara dilanjutkan dengan buka bersama sesuai protokol pencegahan Covid 19,kegiatan tersebut digelar di Masjid Fadlillah yang berada di Dusun Karanglo,Desa Kadungrejo.

Bambang Suwanto setelah selesai menjalankan prosesi pernikahan mengucapakan kepada awak media ini bahwa berjalanya proses pernikahan pada malam Songo ini ia sangat merasa bahagia.

Baca :  Aku Tahu dan Aku Peduli AIDS

“Saya sangat bahagia hari ini Mas,tanpa saya melupakan pada orang-orang yang ikut membantu dan mendukung pernikahan ini berjalan dengan lancar tanpa terkecuali saya ucapakan banyak terimakasih yang tulus dari hati,”ucap Bambang Suwanto Kades Kadungrejo.

Masih kata Bambang Suwanto.”Acara buka bersama dan santunan anak yatim piatu ini adalah bentuk rasa syukur saya bersama istri beserta kedua keluarga besar saya yang dipersembahkan untuk waga saya di tengah pandemi meski hanya sedikit hidangan dan sedikit santunan yang saya berikan,semoga ini bermanfaat.Dan kegiatan ini saya tetap menggunakan protokol sesuai Covid 19 mohon maaf bila ada kekurangan,”pungkasnya.

Direkomendasikan untukmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *