Penyaluran BLT DD di Wilayah Kecamatan Baureno Rampung Hari Ini

Reporter: Munir

Penulis: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Adanya pandemi Corona atau Covid 19 yang mewabah di Negeri ini dan berdampak pada ekonomi rakyat maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah melakukan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.Peraturan tersebut berubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

Perubahan tersebut mengatur tentang penggunaan Dana Desa untuk pencegahan dan penanganan virus Corona (Covid-19), Padat Karya Tunai (PKT) Desa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Hari ini,Rabu 20 Mei 2020 wilayah Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur telah rampung dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa (DD) dari 25 Desa yang ada di Kecamatan Baureno.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT ) dari Dana Desa di wilayah Kecamatan Baureno dijadwalkan dalam penyaluran mulai pada tanggal 5 Mei 2020 dan berakhir pada hari ini,Rabu 20/5/2020.

7 Desa yang menyalurkan BLT dari anggaran Dana Desa pada hari ini yaitu,Desa Ngemplak,Banjaran,Banjaranyar,Seraturejo,Pomahan,Karangdayu dan Desa Pucangarum.

Dari penerima BLT DD tersebut masing-masing Desa penerimanya berjumlah bervariatif sesuai 14 kretria yang di tentukan oleh Pemerintah dalam penyaluran bantuan langsung tunai sebesar 600.000 untuk per Kepala Keluarga selama 3 bulan berturut-turut pada masyarakat yang terdampak ekonominya karena pandemi virus Corona (Covid 19).

Jumlah penerima BLT DD di Desa Ngemplak ada 140 Kepala Keluarga,Desa Banjaranyar ada 33 Kepala Keluarga,Desa Seraturejo ada 41 Kepala Keluarga,Desa Banjaran ada 109 Kepala Keluarga,Desa Pomahan ada 32 Kepala Keluarga,Desa Pucangarum 49 Kepala Keluarga,dan Desa Karangdayu ada 48 Kepala Keluarga,masing-masing sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) pada penyaluran tahap pertama di hari terakhir di wilayah Kecamatan Baureno.

Baca :  Hari Ini Agenda Terakhir Kunjungan Tim Pengerak PKK Bojonegoro Diakhiri Di Desa Blongsong

Dalam penyaluran bantuan tersebut teelihat ikut hadir di Balai Desa Pomahan yaitu, Forpimcam Baureno yang diwakili oleh Sekertaris Camat Baureno Kayat juga Bhabinkamtimas dan Babinsa dari tiap-tiap Desa penerima dan bersama pihak Bank Jatim cabang Baureno beserta pendamping Desa diwilayah Baureno.

Kayat Sekcam Baureno dalam pembukaan penerimaan bantuan langsung tunai di Balai Desa Pomahan menyampaikan. “Ini adalah tahap pertama penyaluran dan setelah ini ada penyaluran tahap kedua namun Desa nantinya akan mengajukan proposal lagi untuk pencairan tahap selanjutnya.Untuk penerima,habis menerima bantuan ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya,”tutur Sekcam Baureno.

Dalam sela-sela penerimaan BLT DD Hj.Khairulliswati Kepala Desa Pomahan menyampaikan bahwa penyaluran BLT DD yang ada di Balai Desa Pomahan ini ada 3 Desa,bukan hanya warga Pomahan aja namun juga dari warga Desa Pucangarum,Karangdayu dan Desa Pomahan sendiri.

“Untuk Desa Pomahan sendiri ada 32 penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 600.000 ini sesuai dengan 14 kretria keluarga miskin yang sudah di tetapkan oleh Kemensos,dan tidak ada data ganda untuk penerimanya.Dari awal ada 32 kepala keluarga tidak ada perubahan,”tutur Kades Pomahan Hj.Khairulliswati.

Direkomendasikan untukmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *