Raup Puluhan Juta, Pekerjaan Rigid Beton Sumberrejo – Kepoh kidul Diduga Tidak Sesuai Spek

TRANSBOJONEGORO.COM – Setelah Proyek peningkatan jalan yang menghubungan Kecamatan Sumberrejo – Kanor menjadi sorotan DPRD Kabupaten Bojonegoro, yang diduga pengerjaan proyek rigid beton tersebut perencanannya asal-asalan.

Gencarnya sorotan dan kritikan terkait Proyek peningkatan jalan yang menghubungan Kecamatan Sumberrejo – Kanor yang belum mereda, kini muncul lagi temuan di lokasi pengerjaan jalan Rigid beton yang menghubungkan Kecamatan Sumberrejo – Kedungadem.
tepatnya mulai ruas tlogoagung – Kepoh kidul.1/7/20.

Pengerjaan peningkatan jalan rigid beton diruas tersebut diduga tidak sesuai sepeksifikasi, pasalnya dalam RAB menggunakan beskos A namun dalam pelaksanaanya di duga menggunakan Beskos B, selisih harga dari jenis beskos tersebut cukup signifikan, sehingga dari penyiasatan beskos saja itu diduga sudah meraup keuntungan puluhan juta.

Indikasi pengurukan untuk lapisan atas pondasi (LPA) Ini yang diduga tidak sesuai sepeksifikasi, akan mempengaruhi mutu dan kualitas pekerjaan.

Tak hanya pengurukan yang diduga tak sesuai spek, untuk merup keuntungan yang lebih besar ditengarai pada besi dowel samabungan rigid diduga ada pengurangan besi pasalnya jarak sambungan dowel satu dengan lainya terlaly lebar,

jarak dowel terlalu lebar antara besi satu dengan lainya

Dowel di bagian sambungan ini berfungsi untuk mengkondisikan masing – masing plat beton jika terjadi lenting akibat pemuaian dan penyusutan.

Selain itu Fungsi umum dari tipe sambungan yang adalah untuk mengantisipasi munculnya retakan yang disebabkan oleh faktor alamiah di dalam maupun dari luar plat beton serta keadaan jalan. Meliputi; pemuaian, suhu, air, getaran, padat atau tidaknya kendaraan di atasnya dan lain – lain.

Pada umumnya jalan beton punya banyak sambungan, tujuannya dibuat begitu bukan semata – mata hanya untuk mepermudah pekerjaan saja. Namun bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari jalan berplat beton itu sendiri.

Baca :  Usia 60 Hari, Tanaman Padi Di Desa Karangdowo, Belum Pernah Dapat Suplay Air Pacal

Pada tipe sambungan ini besi dowel pasti digunakan. Pasalnya hanya pada sambungan kontruksi sajalah sebuah sambungan dibuat agar pada tiap dua segmen beton yang terhubung dapat saling menyesuikan diri terhadap keadaan jalan.

Rendahnya pengawasan dari pihak terkait membuat pelaksanaan pekerjaan tersebut jauh seperti yang di harapakan, padahal alokasi nggaran untuk pekerjaan tersebut cukup fantastis, yakni Hampir 16 milyar rupiah.

Kabid Jalan PU Bina marga Kabupaten Bojonegoro Jakfar Sidik menegaskan untuk beskos Sesuai uji lab. LPA menggunakan A,”Tegasnya.1/7/20.

Sementara pihak penyedia jasa PT INDO PENTA BUMI PERMAI, hingga berita ini diturunkan, meskipun sudah dikonfirmasi melalui WhatsAppnya belum ada jawaban.(BM/Red)