FKMB Laporkan Desa Suwaloh dan Gondang Ke Polres Bojonegoro

TRANSBOJONEGORO – Forum Kedaulatan Masyarakat Bojonegoro (FKMB) meminta kepada Polres Bojonrgoro untuk melakukan pemeriksaan di Desa Suwaloh Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro terkait adanya informasi dari masyarakat setempat terkait pembangunan balai desa suwaloh yang hingga saat ini masih mangkrak.

Edi susilo Ketua FKMB mengatakan laporan yang sudah disampaikan ke Polres Bojonegoro adalah
Pembangunan Balai Desa Suwaloh yang hingga saat ini masih terbengkalai.

Pengerjaan balai desa tersebut diduga bersumber dari Dana BKD Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro tahun anggaran 2019, namun hingga saat ini proyek pengerjaanya belum selesai alias masih mangkrak.”Katanya.4/7/2020.

Menurut Edi Susilo selain masalah tersebut materi laporan yang dikirim ke polres bojonegoro adalah terkait Pengurusan sertifikat yang biayanya diduga mencapai 3 juta rupiah, yang dialami oleh Susanto, warga desa setempat serta Suntari dipungut sebesar 5 juta rupiah, oleh oknum perangkat desa suwalaoh.

Dua orang tersebut dalam pengurusan sertifikat, sudah tiga tahun, hingga saat ini sertifikat tersebut belum terbit.

“FKMB juga meminta agar aparat penegak hukum polres Bojonegoro memeriksa Kepala Desa Suwaloh atas dugaan penyelewengan pemakaian dana DD dan ADD tahun anggaran 2017, 2018, 2019,” Ucapnya.

Baca :  Hak Jawab Terkait "Diduga Prona Di Desa Drokilo Pungut Biaya 700 ribu hingga Satu Juta Lima Ratus Ribu
Baca :  Baru 1 Th Di Bangun, Jembatan Beton Penghubung Antar Desa Bungur - Sedeng Ambrol

Lanjut Edi susilo, Karena masyarakat bingung terkait progres pembangunan mana yang sudah dikerjakan oleh pemerintah Desa Suwaloh dengan tetap memegang azas praduga tidak bersalah mohon agar kepala Desa Suwaloh Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro diperiksa dan juga agar polres Bojonegoro meminta klarifikasi terkait penggunaan anggaran DD dan ADD.

“Bunyi laporan yang tertuang dalam pengaduan yang dikirim ke polres bojonegoro 9 Juni 2020 yang menurut keterangan dari hasil penyelidikan oleh aparat polres bojonegoro sudah menunjukkan adanya kebocoran dalam penggunaaan anggaran Dana desa tahun 2017.”Ungkapnya.

Edi susilo menegaskan pihaknya akan terus mengawal kasus ini termasuk juga laporan terkait dugaan pungutan liar dalam pembagian kartu BPNT desa Gondang kec Gondang Yang juga sudah kami laporkan bersama masyarakat ke unit Tipikor Reskrim polres Bojonegoro. Tegas Edy Susilo.

Sementara Camat Balen Nanik juga kades Suwaloh, hingga berita ini di turunkan belum bisa dikonfirmasi.(Red)

Direkomendasikan untukmu