Dinsos Bojonegoro Kolaborasi Berdayakan Masyarakat Lansia Dilokasi TMMD Imbangan

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com  –  Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2020 diwilayah Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, yang dipusatkan di Kecamatan Baureno atau tepatnya di Desa Lebaksari dan Desa Kalisari, berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik dilakukan dalam gelaran yang akan berlangsung selama 30 hari tersebut.

TMMD Imbangan Kodim 0813 Bojonegoro tahun 2020 kali ini, mengerjakan sasaran fisik seperti renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan drainase, rehab ruang kelas lembaga pendidikan SDN dan normalisasi saluran irigasi dilakukan di dua desa tersebut.

Untuk pekerjaan non fisik, seperti pada hari ini Jum’at (3/7/2020), Kodim 0813 berkolaborasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan pembinaan pemberdayaan terhadap puluhan masyarakat Lanjut Usia (Lansia) miskin di Desa Lebaksari dan Kalisari.

“Sosialisasi dilakukan sebagai upaya menyehatkan masyarakat, lebih lagi saat ini dengan adanya pandemi covid-19, warga perlu edukasi tentang kesehatan agar semakin produktif,” demikian disampaikan Kapten Inf Marwoko Suswandono.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Drs. Arwan, M. Si., menjalaskan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka sinergisitas TNI Kodim 0813 dan Dinas Sosial Pemkab dalam kegiatan TMMD Imbangan Kodim 0813 Bojonegoro. Sosialisasi ini diikuti para lansia masyarakat dari dua desa di wilayah Kecamatan Baureno yang berusia diatas 60 tahun.

Dalam sosialisasinya, dikatakan bahwa warga lansia menjadi salah satu golongan masyarakat yang paling rentan terhadap virus corona. Sehingga, para lansia ini harus mendapat perhatian lebih agar terhindar dari covid-19.

“Salah satunya dengan pemeriksaan kesehatan berkala agar bisa hidup sehat, mandiri dan tetap beraktifitas. Serta menjaga konsumsi makanan bergizi dan seimbang,” ujarnya.

Selain bisa berdaya guna dan turut berperan dalam pembangunan desanya, masyarakat lansia juga bisa menjadi sehat karena mereka beraktifitas.

Baca :  Persit Kodim Bojonegoro Anjangsana Serta Membagikan Nasi Kotak Tukang Becak

“Sehingga, warga lansia menjadi lebih produktif dalam berperan membantu dalam pembangunan desa,” pungkas Drs. Arwan, M. Si.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Lebaksari, Zaenal Abidin, Kepala Desa Kalisari, A. Chotibul Umam dan Babinsa Koramil 0813-06/Baureno ini, Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro memberikan 50 paket bantuan sembako untuk warga lansia Desa Lebaksari dan Desa Kalisari.(*)

Direkomendasikan untukmu