Ada Dugaan Pengurangan Besi Dalam Pekerjan Proyek Jalan Baureno Kanor

Transbojonegoro.com – Pelaksanaan Proyek Kontruksi pembangunan peningkatan jalan Simorejo – Baureno melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten Bojonegoro diduga ada pengurangan besi dowel yang digunakan sebagai sarana penyambung/pengikat pada perkerasan tipe rigid pavement,

Kontruksi rigid pavement diruas tersebut di kerjakan oleh PT Asri Jaya Putra Perkasa (AJPP). dengan Pagu anggaran Nilai kontrak proyek peningkatan jalan Simorejo – Baureno tersebut Rp. 26.125.000.000.00 Miliar menggunakan APBD Tahun 2020 Kabupaten Bojonegoro.

Pantauan wartawan ini bahwa pekerjaan kontruksi tersebut diduga mengurangi jumlah besi Dowel Tie Bars yang melintang sebagai sarana penyambung/pengikat pada perkerasan tipe rigid pavement.

Pengurangan besi dowel tersebut diduga kuat bahwa pekerjaan tidak sesuai spesipikasi teknik, dan untuk meraup keuntungan yang sebesar besarnya.

Dalam pelaksaannya, sepanjang ratusan meter terlihat adanya jarak besi Dowel Tie Bars untuk sambungan yang tidak beraturan, hampir di beberapa titik dengan jaraknya yang renggang.

Selain ada dugaan pengurangan besi, pekerjaan untuk ketebalan base course untuk lapisan atas pondasi (LPA) diduga juga jauh dari kata standart ( SPEK) yang ada, Ini menguatkan dugaan pekerjaan tersebut  kurang bermutu dan rentan ambrol.

Dikutip dari Esorot.com bahwa Kustor selaku pelaksana Proyek saat dikonfirmasi Pada (27/8) ,Untuk jarak tiebar sudah sesuai mas, itu sudah di pasang tapi kayaknya di cabut, itu ada bekas lubangnya

“Sudah sesuai mas,Tapi kayakanya ada yang mencabut mas” Jawab Pak Kus melalui akun wathsappnya.

Disinggung soal ketebalan base corse , Pak Kus membantah kalau kurang dari 15 cm.

“LPA sudah sesuai dengan Spek dan bahkan sudah kordinasi dengan pengawas ” Jawabnya.

Mengenai ada dugaan pekerjaan proyek peningkatan jalan Simorejo- Baureno diduga ada pengurangan bahan baku, Ja’far Shodik ST MM Kabid Jalan dan Prasarana Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten Bojonegoro saat dihubungi melaui akun WA pribadinya belum ada jawaban***(Red)

Baca :  Kapolres Bojonegoro Napak Tilas ke Kampung Halaman Saat Idul Adha

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *