Haul Sunan Blongsong Penyebar Agama Islam di Desa Blongsong

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Masyarakat Desa Blongsong,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro menggelar Haul Sunan Blongsong 12 Muharram 1442 Hijriah,Senin 31 Agustus 2020.

Haul Sunan Blongsong diperingati untuk sebagai ucapan rasa syukur masyarakat Desa Blongsong pada Sunan Blongsong,karena beliau salah satu penyebar agama Islam yang ada di Kabupaten Bojonegoro khususnya di Desa Blongsong.

Sunan Blongsong ini dikenal sebagai seseorang yang pertama kali menyebarkan agama Islam di sekitar daerah Desa Blongsong, Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro. Makam Sunan Blongsong tersebut terletak berada di pemakaman umum di Desa Blongsong dan kurang lebih dari jalan raya jaraknya 150 meter dari jalan raya Bojonegoro-Surabaya.

Juru kunci makam Sunan Blongsong Ky.M.Safi’i menuturkan. “Haul ini sebenarnya digelar tiap sehabis musim panen oleh masyarakat Desa Blongsong untuk mengucap rasa syukur atas panen yang melimpah didapat msyarakat.Dan untuk tahun ini digelar hari ini karena adanya Covid 19.Sebelum ada Covid 19 di jadwalkan Bulan April lalu.Alhmdulillah hari ini lancar,”tuturnya.

Dari pantauan awak media ini bahwa kegiatan Hual Sunan Blongsong tersebut di isi dengan acara tausiyah dan doa bersama dan juga tabur bunga di makam Sunan Blongsong yang dilakukan oleh para tokoh masyarakat beserta Pemdes Blongsong.Selain itu masyarakat setempat juga terlihat kompak dengan membawa makan secara sukarela untuk dibagikan para masyarakat yang datang ikut haul di Sunan Blongsong tersebut.

Kepala Desa Blongsong saat Sambutan di kegiatan Haul Sunan Blongsong ini digelar menyampaikan bahwa untuk Haul tahun ini cukup sederhana karena adanya pandemi virus Covid 19.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih pada masyarakat Desa Blongsong yang ikut berpartisipasi membantu dengan waktu maupun hidangan untuk Haul Sunan Blongsong,karena Sunan Blongsong punya jasa besar bagi Desa Blongsong,maka kita harus menghormati dan Haul ini adalah bentuk rasa hormat kami dan harus diperingati,”tutur Kades Blongsong.

Baca :  Sat Lantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Kamseltibcar Lantas dan Safety Riding

Masih kata Kades Zaenal Arifin. “Masyarakat dalam setiap kegiatan harus mematuhi protokol kesehatan Covid 19,yaitu gunakan masker dan cuci tangan sebelum masuk area kegiatan maupun sesudah acara selesai,”imbuhnya.***(Red)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *