Menuangkan Mimpi dalam Demokrasi

0

6000455_20140306105719OPINI

Oleh : Eko Cahyono

Adanya kesejahteraan masyarakat maupun pembangunan semua tentu atas kerja aparatur sebuah pimpinan, entah itu pemimpin dari tingkat bawah sampai ketingkat atas yang selalu berkesinambungan dengan rakyat. Maka dari itu masyarakat selalu disuguhi pesta demokrasi untuk memilih pimpinan, dan bisa menilai calon pemimpin yang akan memimpin.

Semoga saat pesta demokrasi Pilkada serentak yang berlangsung Desember 2015 nanti, bukan hanya melihat nama besar atau materi, tapi kemampuan dalam memimpin masyarakat dan peka mendengar suara rakyat.

Dalam kesuksesan demokrasi bukan sekedar regenerasi atau peralihan jabatan saja. Masyarakat Indonesia sudah semakin pintar  cara berdemokrasi, tidak lagi menggunakan fisik. Hal ini terbukti di beberapa wilayah yang sudah melaksanakan pesta demokrasi dengan aman dan lancar tanpa ada belenggu untuk bersuara. Namun, masih banyak pemilih yang menggunakan prinsip memilih sesaat, yaitu memilih tidak melihat siapa dan apa latar belakangnya, melainkan adanya sesuap materi. Padahal keberhasilan suatu demokrasi membawa dampak positif  yang sangat besar. Karena inspirasi akan tersalurkan dari lahirnya pemimpin yang bijak dan  merakyat, bukan terdiam saat ada persoalan tentang menyangkut hajat banyak rakyat.

Bukan hanya sekedar masuk bilik suara dan pulang tidak membawa apa-apa, tapi itu penuh dengan manfaat untuk menentukan masa depan rakyat dan pemerintahan yang selalu berkesinambungan demi terciptanya kesejahteraan dan pembangunan disegala aspek. Hitam dan putihnya pemimpin kita yang menentukan melalui pesta demokrasi dengan hak suara kita berikan.

Pilkada sebagai tolak ukur prestasi suatu pimpinan dalam memimpin yang dipilh langsung oleh rakyat, bukan golongan atau Parpol tapi amanah kerja dari rakyat, bukan untuk memperkaya namun untuk mensejahtrakan rakyatnya. Masyarakat harus bijak dalam menentukan pilihan dalam pesta demokrasi kedepan karena itu masa depan Daerah. Siapa lagi kalau bukan kita yang menentukan, kemana negeri ini dan mau jadi apa negeri ini? Dengan memilih calon pemimpin yang tahu harapan rakyat,mungkin tanya itu tidak perlu menunggu jawaban.

Baca :  Polres Bojonegoro Bersama Komunitas Otomotif Berangkatkan Bantuan Gempa dan Tsunami

Kita semua punya mimpi, tapi mimpi itu harus dituangkan dalam berdemokrasi untuk memilih pemimpin yang bisa mewujudkan mimpi, bukan mimpi sekedar angan tapi harus diwujudkan. Yang paling penting menata demokrasi bersama sama mencari pemimpin yang benar-benar dapat memimpin, bukan karena banyak posternya atau terkenal saja, tapi kualitas juga kuantitas di butuhkan. Pemimpin yang bisa memimpin tidak memperkaya diri sendiri tapi tahu apa kemauan dan harapan rakyat, juga berkesinambungan sesuai amanah yang dipercayakan.

Membangun negeri tidak sehari tapi dibutuhkan pemikiran dari semua aspek dengan rakyat yang berkesinambungan dengan pemerintah untuk terjaminya pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial yang merata sebagai harapan bersama.

Belajar dari demokrasi, semua sudah ada didalamnya. Arti dan kandungan adalah menghargai setiap pemikiran dan pilihan untuk kepentingan bersama demi mimpi sebuah negeri selangkah lebih maju.

Mari bersama-sama untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata. Biar mimpi tidak sekedar jadi angan, dengar dan buka mata, sing-singkan lengan baju, lihat mana yang benar-benar membela rakyat. Bukan hanya janji dan slogan yang selalu dikedepankan untuk di ingkari.