Bulog | Pengadaan Gabah, Beras Harus Memenuhi Standart

179
0
Ilustrasi
Ilustrasi

Tb.com, Bojonegoro-Bulog Bojonegoro menyambut baik kesepakatan bersama Kodim 0813, Polres, Disperta, perpadi  Sekabupaten bojonegoro, pada Rakor yang di gelar di aula Ahmad yani Kodim 0813 Bojonegoro 31/8 ” kata ifdal.

Kepala bulog sub drive III Bojonegoro itu mengatakan Ada mekanisme dan aturan yang harus dilakukan oleh para pengusaha gabah maupun beras untuk dapat menjadi mitra bulog dalam hal pengadaan gabah dan beras,salah satunya adalah harus memenuhi standart yang sudah ditentukan.

Kualifikasi beras premium menurut ifdal prosedurnya antara lain Broken maksimal 15 %, DS (derajat sosoh) atau kebersihan beras  100 % Beras patah/menir maksimal 1 % . Berat beras per karung  50,11 kg termasuk berat karung. saat ini karung yang digunakan tidak lagi 15 kg,akan tetapi sudah mengunakan karung dengan ukuran 50 kg.”Jelas ifdal.

Untuk mengantisipasi pengiriman beras, ifdal menambahkan “supaya sesuai standar bulog, dan untuk memenuhi target 15 ribu ton pada tahun 2015 ini, pihaknya mengambil langkah jemput bola, dengan menerjunkan petugas untuk kelapangan dan mengecek secara langsung kualitas beras sebelum dikirim ke gudang bulog.

Agar kejadian yang pernah dialami pengusaha yang kerap ditolak bulog, karena kualitas beras yang di kirim tidak sesuai dengan spek dan standar bulog, hal semacam itu tentu dapat merugikan pengusaha, namun kejadian semacam itu, bisa diantisipasi sedini mungkin dengan adanya petugas bulog yang langsung turun kelapangan.

Bulog juga akan membayar secara tunai saat itu juga kepada pengusaha, Sesuai dengan jumlah barang yang dikirim oleh para  pengusaha beras “pungkas ifadal.

Reporter : exo – B4M

Baca :  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Memberi Pelatihan 2 Desa di Baureno