Pelatihan Anyaman Bambu Desa Rahayu

214
0

TB.com_Tuban: Pada tanggal 11 Agustus-15 Agustus 2015,Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban Jawa Timur mengadakan pelatihan anyaman bambu kepada masyarakat Desa Rahayu Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Pelatihan tersebut bertempat di selatan Balai Desa Rahayu. Dalam pelatihan tersebut,Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban menggunakan bahan baku yang berasal dari bambu. Bahan baku bambu tersebut kemudian dianyam untuk dijadikan berbagai jenis barang. Masyarakat  Rahayu menyambut antusias dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh pihak Dinas Pariwisata Tuban.

Dengan adanya IMG00274-20150815-1157pelatihan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan tambahan ilmu untuk mengasah ketrampilan mereka dalam menganyam bambu. Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban juga memberikan  bantuan peralatan kepada masyarakat setempat. Peralatan yang diberikan  seperti boor listrik,silver pengasah,gergaji dan gunting.

Peserta pelatihan terdiri dari semua elemen masyarakat Desa Rahayu. Pelatihan tersebut di ikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari 2 orang wanita dan 18 orang pria. Dalam pantauan www.transbojonegoro.com anyaman bambu dibuat tiga varian yaitu sebagai tempat tissue, tenong dan tempat buah. Hasil anyaman dari masyarakat kemudian akan diikutsertakan pameran oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban dalam pameran yang akan digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban nantinya. Pak Sutikno ketua kelompok berharap nantinya product yang di jarkan oleh anggotanya ini dapat diterima oleh pasar dan dapat dijadikan seagai peluang usaha.

Kepala Desa Rahayu, Sukisno, berharap, “dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban ini, masyarakat Rahayu bisa bersaing dalam product lokal di dunia global dan bisa menjadi masyarakat yang produktif.” ujarnya.

Reporter: Eko Cahyono

Baca :  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Memberi Pelatihan 2 Desa di Baureno