Disperta Sosialisikan Tehnologi Budidaya ke petani

252
0
Doc 19/10
Doc 19/10 

Tb.com, Bojonegoro,-Sebanyak 100 warga  Desa Bakung Kecamatan Kanor, ikuti Penyuluhan Pemberdayaan Teknologi Budidaya, melalui kegiatan peningkatan kemampuan lembaga petani oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Senin (19/10).

Penyuluhan yang bekerja sama dengan Kodim 0813 Bojonegoro, dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95, dihadiri oleh Kabid SDM Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ir. Sentot Suseno, M.M., dan Kasi SDM, Djoko Poedjowijono, SP., juga diikuti oleh Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kedes Bakung, Kaulan beserta perangkat serta warga Masyarakat Desa Bakung.

kegiatan tersebut bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani Desa Bakung dalam rangka Kegiatan Non fisik TMMD ke-95.

Dengan harapan, agar bisa menambahkan kemampuan khusus petani setempat dalam meningkatkan hasil pertanian, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dalam Sambutannya, Kasi SDM Dinas Pertanian Bojonegoro, Djoko PW, SP., mengatakan, kegiatan yang dititik beratkan pada teknik budidaya khususnya Padi, jagung dan kedelai (Pajale) dengan biaya hemat, dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh, Djoko PW, SP., menjelaskan, penyuluhan yan diberikan sebagai upaya agar petani tidak mengalami tekanan-tekanan yang saat ini dialami petani, diantaranya tekanan ekonomi, alam, sosial, budaya serta kebijakan, untuk menyongsong pasar bebas.

Diharapkan, petani bisa menyiapkan diri sehingga tidak merasa dapat tekanan dari luar, yakni dengan cara meningkatkan kualitas hasil-hasil pertanian, khususnya tanaman holtikultura dengan menekan penggunaan pestisida sehingga tanaman yang dihasilkan tidak mengandung Residu Pestisida.(B4m)

Baca :  Penggunaan Dana BUMDES Di Soal Warga