Masjid Perut Bumi

0

masjid

Tb.com-Tuban Masjid Aschabul Kahfi perut bumi Almaghribi ini adalah masjid yang terletak di dalam perut bumi, tepatnya di komplex pondok pesantren Syehk Maulana alMaghribi di Dusun Wire, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Masjid Aschabul Kahfi ini memiliki luas sekitar 3 hektar, dan mempunyai beberapa ruangan, seperti ruangan istighosah, ruang pertemuan, kuliah shubuh, banyak lorong-lorong yang di gunakan sebagai tempat mengaji para santri dan ruangan yang paling luas seperti aula yang saat ini di fungsikan menjadi Masjid, konon katanya ini dulunya adalah goa Putri Sendangharjo dan ruangan yang saat ini menjadi ruangan istighosah dulunya dalah goa Singojoyo, yang mana dulunya goa-goa tersebut menjadi tempat semedi para tokoh islam sebelum walisongo.

Sebelum dibebaskan tanah, yang semula berstatus tanah negara itu, Ky.Subhan pengasuh pondok pesantren Syehk Maulana alMaghribi menuturkan bahwa beliau mendapat petunjuk ghoib dari Syekh Maulana Maghrobi (seorang guru besar para wali di tanah jawa) dalam petunjuknya beliau di minta untuk membersihkan goa yang ada di Wire ini, setelah tanah di bebaskan ternyata di bawahnya terdapat lorong-lorong gua yang luas,
Goa semula tidak ada manfaatnya, tandus berbatu dan tidak terawat, kemudian sang Kyai Haji Subhan mempunyai ide kreatif untuk memanfaatkan gua ini sebagai tempat ibadah, bahkan bangunan ini tidak menggunakan arsitek manapun, kyai subhan sendirilah yang menjadi arsitek masjid unik ini, dan beliau sendirilah yang mendesain dan mengarahkan tukang-tukang pada bangunan tersebut.

Arsitektur bangunan Masjid Aschabul Kahfi menyerupai dan memang mirip dengan bangunan Arab, dengan pilar-pilar yang melingkar-lingkar terbuat dari marmer. Bukan berarti karena Masjid Aschabul Kahfi berada di perut bumi Masjid ini tidak mempunyai kubah, tapi ternyata Masjid Aschabul Kahfi ini mempunyai kubah yang megah di atas masjid namun karena masjid ini berada di bawah tanah jadi kubahnya juga sejajar dengan tanah di atas masjid, yang mana tanah di sekitar kubah di jadikan tempat santai untuk para penziarah

Baca :  Tidak Mengindahkan Kesepakatan Bersama, Sejumlah Pemuda Lepas Kaos

Keunikan Masjid Aschabul Kahfi bisa, karena masjid ini memanfaatkan lorong goa alias perut bumi sebagai baitullah, terbukti daya tariknya dari masjid ini, banyaknya penziarah dari pulau jawa yang datang ke masjid ini.
Sampai saat ini Masjid Aschabul Kahfi belum rampung 100 persen pengerjaannya, tapi masjid ini sudah bisa di gunakan ibadah karena sebagian besar interiornya sudah selesai di kerjakan. Dan di setiap harinya juga banyak pengunjung yang datang untuk beribadah di masjid ini. (Red/info wisata tuban)