Zaskia Gotik, Kasus Bebek Nungging

0

Jakarta tb.vom-Zaskia Gotik kali ini terlibat masalah pencemaran nama baik Indonesia. Hal ini terjadi ketika penyanyi cantik ini berusaha tampil maksimal dengan membuat komentar-komentar lucu. Candaan Zaskia tentang hari proklamasi dengan menyebut hari tersebut jatuh di tanggal 32 Agustus. Bahkan dengan tawa, dara cantik ini menyebutkan tanggal tersebut dengan harapan candaannya lucu. Namun, bukan tawa yang didapatkan melainkan candaan tersebut dianggap mencederai momentum berharga atas peringatan kemerdekaan bangsa.

Bukan hanya itu, Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang sacral karena merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia. Bahkan dengan tawa, ia menyebut bahwa lambing sila kelima ada bebek nungging, padahal candaan tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan makna lambing kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai penyanyi yang sudah cukup lama berkarir, seharusnya dengan sadar ia tahu kalau ia bisa dibawa ke jalur hukum. Bahkan, larangan untuk menghina negara dan lambangnya sudah diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Dalam Pasal 57 huruf a jo. Pasal 68 berbunyi:

“Setiap orang dilarang mencoret, menulisi, menggambari atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta ”

Terkejut oleh berbagai komentar dari penggemarnya, Zaskia langsung menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa ia tiidak tahu kalau penghinaan itu tidak boleh dan menganggap hal tersebut hanya candaan belaka.

“Neng nggak bisa tidur semalaman. Neng nggak tahu kalau itu nggak boleh. Ini mah cuma becanda. Iya ini mah nggak sengaja. Murni keceplosan,” tambah pemilik nama lengkap Surkianih ini.

Baca :  Selama Tujuh Jam, Operasi Patuh, tindak 151 Pelanggar

Kejadian ini terjadi dalam acara kuis yang dipandu oleh Denny Cagur, dimana saat Julia Perez dan Ayu Ting Ting memberi jawaban yang benar terhadap kuis yang diberikan, penyanyi ini malah memberikan jawaban yangnyeleneh. Zaskia mengatakan bahwa begitu selesai acara, ia dimarahi oleh manajemen.*