Semburan Lumpur Di desa Jari Kecamatan Gondang Bojonegoro Bertambah 4 lokasi

0

FB_IMG_1460110329595_1-640x394

Bojonegoro,tb,com-Semburan lumpur di lahan perhutani tepatnya petak 172 kemantren Sukun Bkph Gondang KPH Bojonegoro, bertambah menjadi
4 lokasi semburan, yang mengeluarkan lumpur bercampur air dan berbau belerang, dalam satu area.

Semburan lumpur itu mulai muncul pada kamis 7/42016 sekitar jam 03.00 pagi, petama kali semburan itu diketahui oleh Dasiyo, salah satu warga desa Jari Kecanmatan Gondang yang saat itu menunggui jagung dan mendengar suara gelegar dilokasi dan saat itu dicari dan didapati ada satu titik, semburan.

Lokasi semburan berada di tanah garapan Darim warga desa jari Rt 02 desa Jari Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro, yang ditanami Padi.

Hingga minggu 10/4, data yang di himpun trasbojonegoro.com, semburan yang mulanya satu lokasi, menjadi 4 lokasi, namun masih dalam satu area.

Sembuaran mengeluarkan lumpur yang bercampur air dan berbau belerang dengan debit semburan mencapai 1 ltr/detik.

Akibat semburan itu diperkirakan dampak yang ditimbulkan adalah tercemarnya lahan pertanian di lokasi sekitar 2 ha meliputi tanaman jagung dan padi sekitar 0,25 ha yang kemungkinkan akan gagal panen .

tercemarnya sungai kramat desa jari yang mengakibatkan 150 Kk yg pada bulan Mei s/d Juni musim tanam bawang merah seluas 50 ha akan mengalami kesulitan air untuk pengairan apabila sampai bulan tersebut semburan masih berlangsung.(Red)

Baca :  Sosialisasi Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs di Desa tlogoagung Kecamatan baureno