Bojonegoro | Nyadran ( Sedekah Bumi ) Tradisi Adat Desa Sraturejo Kec.Baureno

0

Bojonegoro,tb.com-Nyadaran (bhs jawa-Red) atau Sedekah bumi adalah bentuk rasa syukur terhadap Alloh SWT, atas rizki yang telah di berikan berupa sadang, pangan dan papan.(Pakaian, makanan, tempat tinggal) kepada masyarakat, tradisi Sedekah bumi selalu di laksakan, setiap tahunya, karena sudah menjadi tradisi serta adat desa, “kata Imam musollin. (Panitia) 23/5.

Imam Musollin mengatakan Dalam pelaksanaan sedekah bumi yang bertempat di dusun Grenjeng dan Jomblong desa Sraturejo Kecamatan Baureno, Bojonegoro ini, disamping sedekah bumi juga prosesi Upacara adat yang di pimpin oleh Kepala Desa.

Di Dusun Grenjeng dan Jomblong. Desa Sraturejo Kecamatan Baureno Bojonegoro, Budaya adat nyadran/sedekah bumi merupakan tradisi adat desa setempat dan warisan dari nenek moyang, leluhur yang dahulu hingga saat ini masih di uri uri (dilestarikan) ” Terang imam musollin pada tb.com.

Menurut Jefri, Kepala desa Sraturejo Berbagai kegiatan dalam proses pelaksanaan Sedekah bumi ini dilakukan dengan proses adat dengan hikmat yang diiringi dua encek atau gunungan Nasi uduk, dan hasil bumi berupa buah polowijo dan sayur-sayuran untuk diarak keliling Desa, sampai ke tempat dimualinya pelaksanaan.

Jefri menambahkan Sedekah bumi ini akan tetap dilaksanakan setiap tahun dengan meriah, dengan tujuan supaya tetap terjalin silaturrahim warga serta memper erat persatuan dan kesatuan warga “pungkas Jefri [Munir-Red]

Baca :  Bupati Bojonegoro Tinjau Hilir Sungai Ingas Yang Ada di Baureno