Bojonegoro | PPDB Online dan Offline

Bojonegoro,tb.com-Memasuki tahun ajaran baru seluruh persiapan tengah dimatangkan oleh Dinas pendidikan (Disdik) Bojonegoro. Setelah pengumuman kelulusan tingkat SMP SMA beberapa waktu lalu, maka selanjutnya penerimaan siswa baru.

Menurut Puji Widodo, Kabid SMP,SMA/SMK Disdik Bojonegoro, tahun ini di pastikan ada dua cara penerimaan pendaftaran siswa baru (PPDB), online dan offline.

“Untuk online siswa dapat memilih dua sekolah, sedang untuk offline hanya satu sekolah,” katanya.

Puji menjelaskan, meskipun nilai Ujian Nasional(UN) bukan menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa, namun UN memiliki bobot 45 persen dalam PPDB.

Selain itu, ada dua komponen lainnya yang menentukan bobot PPDB. Yaitu tes skolastik dengan bobot sebesar 45 persen dan prestasi dengan bobot sebesar 10 persen.

“Jadi nilai UN tetap berpengaruh dalam PPDB siswa, walaupun hanya 45 persen,” ujarnya.

Karena masih ada dua komponen yang mempengaruhi PPDB siswa. Untuk tahun ini, hasil UN lebih baik di banding tahun lalu. “Dan Bojonegoro masuk sepuluh besar terbaik se Jawa Timur,” imbuhnya.

Untuk saat ini, masih kata Puji pihaknya berharap siswa mulai konsentrasi menghadapi PPDB.

“Karena pelaksanaannya di jadwalkan pada 27 sampai 30 Juni 2016,” pungkasnya.

Selain PPDB online dan offline, Disdik menerapkan satu skema lagi yakni jalur prestasi. Namun hanya untuk sekolah dalam Kota.

Tes sekolastik akan dilaksanakan 1 Juli mendatang. Dan Kuota siswa luar kota tahun ini di batasi, yakni 10 persen dari pagu

Baca :  Pembekalan Siswa Baru, Wasbang dan Bela Negara oleh Dandim 0813 Bojonegoro

Direkomendasikan untukmu