Peran Orang Tua dalam Tahun Ajaran Baru Mendukung Perkembangan Anak

tb.com , Memasuki tahun ajaran baru anak akan dihadapkan pada berbagai kondisi baru, Anak akan berhadapan suasana baru antara lain dengan teman baru,guru baru dan suasana baru juga tuntutan materi pelajaran yang semakin kompleks sebelumnya, perubahan waktu belajar dan istirahat di sekolah, termasuk mungkin perubahan jam berangkat sekolah.

Perubahan-perubahan seperti tersebut di atas akan lebih terasa oleh mereka yang memasuki sekolah baru atau naik jenjang yang lebih tinggi.

Perubahan-perubahan yang terjadi kadang kurang disadari oleh anak dan orang tua. Kalaupun disadari, belum semua orang tua mempersiapkan anaknya untuk nyaman dan siap menjalani perubahan yang ada.

Saat anak memasuki kondisi sekolah yang baru maka anak dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Menyesuaikan diri di sini bukan berarti anak berubah “menjadi” seperti tuntutan lingkungannya. Hal yang diharapkan adalah anak dapat memadukan potensi dan kondisi internal dirinya dengan lingkungan tempat ia berinteraksi.

Penyesuaian diri tetap perlu dilakukan agar anak dapat tampil optimal. Maka dengan cara tersebut ia dapat optimal menyerap materi pelajaran. Peran orang tua juga sangat mendukung disaat anak sedang proses adaptasi di lingkungan sekolah baru untuk memotifasi sianak di saat masuk pertama kali untuk menjadikan awal prestasi juga tercipta interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama.

Sebagian besar sekolah di Indonesia akan mengawali tahun pelajaran baru 2016-2017. Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan Kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orang tua mengantarkan anaknya di hari pertama. Hari Pertama Sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Baca :  Yayasan Nurul Ulum Ngampon Sugihwaras, Kepohbaru, Cetak Generasi Yang Berahlaqul Karimah

Direkomendasikan untukmu