40 Perahu, Akan Ikuti Festival Bengawan 2016

145
0

Festival

Bojoegoro,tb.com-Persiapan Festival Bengawan  2016, sudah nampak terlihat, upaya panitia agar pelaksanaan festival, berjalan maksimal hingga puncaknya, Minggu (25/09).

Setelah acara resik-resik Nggawan berlanjut siangnya croscheck dan gladi resik peserta festival.

Menurut Suyanto, panitia penyelenggara HUT RI  ke 71 dan HJB ke 339, rangkaian kegiatan  festival Bengawan pelaksanaan masih panjang.

“Sehingga peserta terutama yang mengikuti parade perahu hias  dipertemukan siang tadi untuk di data ulang, dan di lakukan pengecekan,” katanya.

Dijelaskan,  untuk festival bengawan  tahun ini pihak panitia telah merencanakan dengan matang, salah satunya peserta harus berada di lokasi start pada H-1.

“Hal ini merupakan evaluasi tahun lalu, yang mana peserta tidak bisa start bersama. Sehingga jarak antara satu perahu dan lainnya cukup jauh,” ujarnya.

Kegiatan festival perahu ini diikuti kuranglebih 40 peserta. Yang terdiri dari peserta undangan dan BUMD. Untuk peserta undangan sebanyak 37 peserta, yang terdiri dari kepala desa sepanjang sungai Bengawan Solo dari Banjarsari sampai Kalitidu. Dan sisanya 7 peserta merupakan BUMD, diantaranya Skpd, BUMD dan Hotel.

Selain itu, Disbudpar yang bekerjasama dengan Kominfo akan menggelar perayaan puncak sebelum pelaksanaan festival perahu. Yakni dengan pemutaran film dan sandur.

“Pemutaran film ini merupakan moment paling ditunggu oleh masyarakat Padang Trucuk, setelah kami lakukan survey beberapa kali,” imbuhnya.

Kegiatan festival besok direncanakan maksimal karena selain peserta yang sudah disiapkan terlebih dulu, penontong juga lebih nyaman karena kondisi TBS sudah bersih.

Disamping itu, keamanan saat pelaksanaan juga terjamin. Karena sudah ada empat komponen yang akan menjaganya, yakni dari tim sar, dinas perhubungan, Brimob dan BPBD.(tb)

Baca :  Kapolres Peragakan Batik Pada Bojonegoro Festival Batik dan Tenun Fashion