Bupati Suyoto, Berangkatkan Festival perahu 2016

120
0

artikel20160925180007pm_1

Bojonegoro,tb.com-Bupati Suyoto dengan di dampingi jajaran Forpimda memberangkatkan Festival perahu 2016 yang mengambil start Bendung Gerak Desa Ngringinrejo, Minggu (25/09).

 Festival perahu ini diikuti 40 peserta, yang diantaranya 33 dari kepala Desa dan masyarakat sepanjang bantaran sungai Bengawan Solo dan 7 diantaranya dari Skpd, BUMD dan Hotel.

Festival perahu ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan, hari jadi Kabupaten Bojonegoro, sehingga rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Festival yang dihadiri  tamu undangan perwakilan Dinas Pariwisata Jawa Timur, perwakilan dari Blora, Rembang, Nganjuk dan Surabaya, ini Sebelum pemberangkatan, dilakukan upacara adat dengan melarung sejumlah sesaji ke sungai sebagai simbol keselamatan.

Selain perayaan  festival perahu,
Berbagai hiburan masyarakat, pameran serta lomba kuliner dan foto.

Bupati Bojonegoro Suyoto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan festival ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Sebagai salah satu rangkaian perayaan HJB yang ke-339.

“Festival ini dilakukan salah satunya supaya masyarakat menjadikan Bengawan Solo sebagai ibu, yang lembut. Karena sentuhan lembut seorang ibu, maka masyarakat bisa berlatih berenang. Karena keramahan seorang ibu masyarakat bisa mengambil pasir untuk bangunan,” ungkap Suyoto.

Oleh sebab itu, lanjut Kang Yoto sapaan akrab Bupati Bojonegoro,  jika maayarakat  ingin melihat peradaban masyarakat lihatlah Bengawannya.

“Karena jika bengawannya bersih pertanda masyarakatnya ramah terhadap lingkungan,” katanya.

Bupati selalu mengatakan Gauli Bengawan dan kembali ke akar. Dengan maksud supaya masyarakat merawat dan jangan merusaknya.

“Bahkan sampai dengan saat ini, jika masyarakat mampu menggauli Bengawan dengan baik maka Bengawan bisa jadi ladang mata pencaharian kita,” ujar Kang Yoto.

“Gauli ibu kita dengan kasih sayang, bukan amarah. Agar ibu welas asih pada kita, dan memberikan berkahnya,” tandas Kang Yoto.(tb)

Baca :  Kapolres Bojonegoro Launching Gerakan Komunitas Terminal Penegak Disiplin Bermasker