Cegah Kebakaran Hutan, Polres Bersama Perhutani, Lakukan Oprasi

127
0

artikel20160918204315pm-320x220

Bojonegoro,tb.com-Polres Bojonegoro bersama Perhutani melakukan patroli hutan untuk mencegah kebakaran kawasan hutan di Bojonegoro. Patroli bersama itu, dilakukan di wilayah hutan kecamatan Bubulan Sabtu (17/09) kemarin. Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro memimpin langsung dalam patroli bersama itu.

“Kegiatan ini dilakukan sesuai instruksi Kapolres pada saat vicon bersama Menteri Lingkungan Hidup sebulan yang lalu, agar seluruh wilayah untuk mewaspadai kebakaran hutan,” ujar Dwi Priyanto Kepala RPH Clebung Kecamatan Bubulan.

Menurutnya untuk pembakaran hutan diwilayahnya jarang terjadi, namun pihaknya bersama aparat terkait akan terus waspada terhadap kebakaran hutan di wilayahnya. “Selain itu untuk pembalakan liar untuk skala besar sudah tidak ada. Kalaupun masih ada itu hanya masyarakat sekitar wilayah Desa Clebung, yang hanya mengambil untuk kebutuhan rumah tangga saja,” kata Dwi Priyatno saat ikut patroli bersama dengan Kapolres.

Sementara itu, jika terjadi kebakaran hutan, lanjut Dwi, di setiap kantor RPH sudah tersedia alat pemadam kebakaran, yaitu berupa susunan bambu yang diikat secara sejajar yang jika digunakan untuk memadamkan api dengan cara dikebas-kebaskan kelahan yang terjadi kebakaran hingga padam.

“Sedangkan untuk warga masyarakat yang masih melakukan pencurian, kami sudah lakukan penyuluhan-penyuluhan tentang pelanggaran tindak pidana pencurian kayu,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Bintoro S menganggap kebakaran hutan adalah sebagai bencana yang harus mendapat perhatian serius. “Sehingga penting kita lakukan patroli hutan ini secara rutin, guna meminimalisir adanya pencurian hutan dan pembakaran hutan secara sengaja untuk membuka lahan pertanian yang baru secara gampang dan cepat tanpa memerlukan biaya yang mahal,” jelasnya.(bjn/tb)

Baca :  Ada PSK Mangkal Diwarung Remang Remang Diamankan Satpol PP Bojonegoro