Pengambilan Api Abadi Hjb 339

280
0

img-20161019-wa0024-640x360

Bojonegoro,tb.com-Pengambilan api abadi di taman wisata Khayangan Api di Kecamatan Ngasem, Selasa (18/10) sekitar pukul 19.00 wib. Turut hadir dalam upacara tersebut Forpimda Kabupaten Bojonegoro,

Sebelum dilaksanakan pengadilan api abadi terlebih dahulu dilakukannya prosesi adat yang di pimpin oleh juru kunci kayangan api Mbah Juli serta tari adat yang di lakukan oleh para waranggono yang di datangkan dari beberapa Kecamatan di Bojonegoro.

Kegiatan yang selalu di laksanakan menjelang HUT Kabupaten Bojonegoro ini ini, diadakan dengan maksud dan tujuan untuk melestarikan adat budaya Bojonegoro serta agar masyarakat Bojonegoro Gemah Rumah lohjinawi terhindar dari mala petaka dan bencana.

Setelah pengambilan api abadi di Kayangan Api, selanjutnya api di arak menuju pendopo Kecamatan Ngasem. Sekitar Pukul 21.30 WIB, kemudian api abadi tersebut di semayamkan di  pendopo Kecamatan Ngasem.

Keesokan harinya (hari ini) api yang telah disemayankan di Pendopo Kecamatan Ngasem akan di arak keliling Kecamatan Ngasem, dan selanjutnya akan dibawa menuju pendopo Pemkab Bojonegoro yang selanjutnya akan dirangkai sampai perayaan puncak grebek berkah nanti malam. (Abie/tb)

Baca :  Program Perona Dapat Penghargan Dibaureno