Sedekah Bumi Dusun Kelampok Cengkir Meriah

Bojonegoro,tb.com – Sedekah bumi Dusun kelampok Desa Cengkir Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro di meriahkan berbagai hiburan mulai drum band dari siswa siswi SDN 1 Cengkir dengan parade mengiringi empat Gunungan yang di hiyas dari hasil panen pertanian juga kesenian reoq dari Dusun Kelampok sendiri yang ikut dalam arak arakan tersebut Rabu 19/07.2017.

Gunungan yang terbuat dari berbagai hasil bumi tersebut di iring memutari Dusun yang di mulai dari rumah Kasun Kelampok untuk menju tempat acara sedekah bumi yang berada di sumur gede di Dusun Kelampok Desa Cengkir tersebut.

Setelah prosesi arak arakan gunungan yang berhiyas hasil panen lahan pertanian acara sedekah bumi tersebut di lanjutkan dengan hiburan tayub yang bertempat di Sumur gede.

Setelah arak arakan gunungan sampai di Sumur gede tempat puncak acara,gunungan yang berisi hasil panen tersebut menjadi rebutan pada warga untuk mengambil hasil panen digunungan.
Salah satu warga : “Acara sedekah bumi adalah adat jawa bentuk rasa syukur pada Tuhan yang maha esa yang sudah memberi nikmat pada masyarakat atas hasil bumi di dusun kami maka di adakanya sedekah bumi ini” Tutur Hadiwinarto.

Kepala Dusun Sugiarto: “Adanya acara sedekah bumi ini untuk memupuk rasa sodakoh dan rasa kekompakan,guyup rukun antar warga karena adanya acara sedekah bumi ini masyarakat bisa berbaur menjadi satu” Ungkapnya.

Masih Kata Sugiarto:” ini Adalah bentuk rasa syukur warga atas nikmat hasil bumi” Pungkasnya.***(Eko)

Baca :  Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian Klarifikasi Kabar Penjualan Bantuan Handtraktor di Kalisari Baureno