2 Calon Kades Ditetapkan Resmi Mengikuti Tahapan Pilkades di Pomahan

0

Bojonegoro – Sempat menuai polemik tahapan Pilkades di Desa Pomahan akhirnya pihak BPD mengambil jalur Musyawarah Desa (Musdes),membahas soal pengunduran diri seluruh panitia Pilkades yang ada di Desa Pomahan,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro saat menyatakan mengundurkan diri menjadi panitia pada,26 April 2019 lalu,lantaran mendapat protes dari masyarakat karena diduga panitia Pilkades di Desa tersebut menutup waktu pendaftaran lebih awal pada pukul 14.00 WIB.

Adanya penutupan pendaftaran pada pukul 14.00 WIB masyarakat Pomahan berdemo menutut panitia untuk mundur karena ada salah satu calon yang di anggap oleh masyarakat di rugikan adanya penutupan waktu pendaftaran lebih awal oleh panitia,dan dianggap merugikan salah satu calon yang akhirnya tidak bisa ikut daftar Pilkades meski sudah proses pengurusan persyaratan.Bahkan dari himbauan Camat untuk menutup pendaftaran pada pukul 16.00 WIB tapi panitia menutup pendaftaran lebih awal pada pukul 14.00 WIB.

Adanya polemik itu sudah di lakukan musyawarah di Balai Desa pada,Jumat malam 26 April 2019,dengan pernyataan panitia mengajukan pengunduran diri sebagai panitia Pilkades dengan cara tertulis dan bermatrai yang di tujukan ke BPD atas dasar pertimbangan dengan alasan situasi keamanan yang tidak kondusif.

Pada akhirnya tahapan Pilkades di Desa tersebut sempat tidak jelas antara dilanjutkan sesusi jadwal atau di tunda,sebab seluruh panitia menyatakan mundur.Dan pada,Kamis 2 Mei 2019 BPD menggelar Musdes bersama seluruh tokoh masyarakat Desa Pomahan.

Dalam Musdes tersebut membahas tentang mekanisme Pilkades setelah seluruh panitia mengundurkan diri dengan pembahasan Pilkades di Desa Pomahan tersebut di lanjutkan sesuai jadwal,26 Juni 2019 atau ditunda.

Musdes yang berjalan alot.Musdes tersebut untuk mendapatkan kesepakatan akhirnya memakai cara sistem voting para peserta Musdes,dengan cara menghitung usulan terbanyak antara di lanjutkan atau di tunda dari peserta Musdes.

Baca :  Pemutihan, Satlantas Polres Bojonegoro Bagikan Brosur pada Pengguna Jalan

Setelah di voting berapa usulan terbanyak yang setuju lanjut atau tunda akhirnya didapat suara terbanyak dari peserta Musdes yaitu,di lanjutkan Pilkades sesuai jadwal.

Kemudian BPD membentuk panitia baru untuk menggantikan seluruh panitia yang sudah mundur untuk meneruskan tahapan Pilkades sesuai jadwal Pilkades di Desa Pomahan,karena sudah ada 2 calon Kades sebelum pendaftaran di tutup yang lalu untuk maju.

Yaitu,Calon Kades Incumbent Hj. Khoirulliswati dan Imam Mawardi,keduanya adalah pasangan suami istri sebagai calon yang sudah mendaftar sebelum pendaftaran ditutup pukul 14.00 WIB.***(Eko Cahyono-Munir-Red)

Editor : Eko Cahyono