Komisi A Koordinasi dan Evaluasi Pilkades 10 Desa di Baureno

0

Bojonegoro- Hari ini DPRD Kabupaten Bojonegoro dari komisi A melaksanakan kunjungan kerja dalam koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Bojonegoro di 3 Kecamatan,yaitu Kecamatan Baureno,Sugiwaras dan Kanor.Dan pada,Senin 20 Mei 2019 giliran Kecamatan Baureno yang di kunjungi DPRD dari komisi A dengan di hadiri oleh 10 Desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kecamatan Baureno.

Dalam kunjungan DPRD komisi A di Kecamatan Baureno tersebut untuk membahas tentang pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Baureno di 10 Desa diwilayah Baureno yang akan melaksanskan Pilkades pada,26 Juni 2019.

Anam Warsito wakil ketua komisi A dalam kunjunganya bersama anggota komisi A di Pendopo Kecamatan menyampaikan.”Dalam pelaksanaan Pilkades belum ada Juklak dan suknis,pelaksaan Pilkades hanya di atur dalam Perbup untuk pelaksanaan Pilkades mau pun pemilihan BPD.Adanya Juklak dan Juknis,seperti persyaratan tentang substansi yang tidak perlu contoh,status WNI tidak perlu minta rekom dari Kecamatan atau minta ke Kepala Desa seharusnya hanya langsung saja lewat Dukcapil supaya tidak ada penyalah gunaan mewenang, intinya supaya tidak muncul konflik sosial atau konflik hukum dalam pelaksaan dalam Demokrasi”,Harapnya.

kunjungan komisi A di Kecamatan Baureno ini yang pertama dari 3 agenda yang di agendakan oleh komisi A di 3 Kecamatan dalam rangka koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Pilkades serentak tahap 2 di Kabupaten Bojonegoro 2019.

Dalam kunjungan kerja komisi A di Kecamatan,Forpimka Baureno dan 10 Kepala Desa se_Kecamatan beserta panitia pelaksanaan Pilkades turut hadir dalam kunjungan komisi A yang di gelar di Pendopo tersebut dengan melakukan rapat tentang mekanisme pelaksanaan Pilkades.

Ada salah satu Panitia Pilkades mengutarakan dihadapan komisi A tentang tahapan Pilkades di hadapan komisi A. “Seharusnya tahapan pendaftaran tahapan 1 itu lebih lama dari pada tahapan pendaftaran tahap 2,karena kadang ada salah satu calon yang kurang persaratan namun sudah tutup dan akan menimbulkan permasalahan”,bebernya.

Baca :  Tiga Perangkat Desa Karangdowo Hari ini Dilantik

Salah satu Kepala Desa yang hadir juga menayakan soal tentang DPT untuk sebagai pedoman seluruh panitia.Dan komisi A akan mengeluarkan info Daftar Pemilih Tetap (DPT)dengan rapat awal Juni ini untuk mengeluarkan DPT resmi untuk seluruh panitia yang akan kita selesaikan secepat mungkin karena ini rawan.

Komisi A juga menanggapi pertanyaan yang di sampaikan oleh salah satu panitia Pilkades di Kecamatan Baureno soal bila ada salah satu calon yang mengundurkan diri.

“Bila ada salah satu calon Kades yang mengundurkan diri akan di beri sangsi karena calon yang sudah terdaftar tidak boleh mengundurkan diri”,tutur Anam Warsito.***(Eko Cahyono-Munir)