Komisi A Sikapi Polemik Pilkades Desa Pomahan

0

Bojonegoro-DPRD dari komisi A datang satu rombongan ke Kecamatan Baureno selain koordinasi dan evaluasi 10 Desa di Kecamatan Baureno yang akan melaksanakan Pilkades.Kedatangan komisi A ke_Kecamatan Baureno tersebut juga untuk menanggapi aduan masyarakat Desa Pomahan yang mengadu di kantor DPRD dikomisi A soal tentang Pelaksanaan Pilkades di Desa Pomahan,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro.

Kunjungan kerja komisi A tersebut menanggapi tentang aduan dari masyarakat tentang aspirasi yang disampaikan saat berada di kantor DPR,yaitu mengadu dengan 3 aduan,1. soal dugaan hambatan pendaftaran salah satu calon Kades di Desa Pomahan,2.terkait proses pengunduran diri panitia lama Pilkades,3.Proses pembentukan panitia baru yang akhirnya ada 3 panitia yang mengundurkan diri lagi.Dan kedatangan komisi A ini tindak lanjut dalam menerima aduan.

Kedatangan komisi A tersebut untuk klarifikasi kepada kepala Desa Pomahan,panitia lama dan panitia baru Pilkades yang di kumpulkan di kantor Kecamatan Baureno pada,20 Mei 2019.

“Kita sudah melaksanakan kroscek kedua belah pihak dan dengan pihak terkait,setelah itu kita akan rapat kerja dikomisi A dan pihak tim Pemerintahan exsekutif untuk memberikan rekomidasi lanjutan terkait pelaksanaan Pilkades ini,bisa di lanjutkan atau harus ditunda ikut tahap tahun 2020 nanti di bahas dalam rapat”,tutur Anam Warsito.

Masih kata Anam Warsito Wakil ketua Komisi A.”Karena Perda kita yang diaturkan pergantian panitia dalam arti beberapa orang dalam kontek tidak keseluruhan,pergantian ini di perbolehkan atau tidak.Karena ini menyangkut pertanggung jawaban dari panitia itu.Apakah proses ini sesuai,kalau sesuai kita lanjutkan kalau tidak sesuai akan ada surat untuk membatalkan Pilkades di Desa Pomahan”

‘Rapat kerja membahas tentang Desa Pomahan akan kita bahas pada awal Juni ini,sebelum penetapan calon Kades ditahapan Pilkades.Yang jelas keputusan tersebut sebelum tanggal 14 Juni 2019,dilanjut atau dibatalkan proses Pilkades di Desa Pomahan berdasarkan hasil rapat nanti”,imbuhnya.

Baca :  Kenaikan Pangkat 20 Prajurit, diJajaran Kodim Bojonegoro

Diberitakan sebelumnya pelaksanaan Pilkades di Desa Pomahan seluruh panitia lama telah mengundurkan diri dan membentuk panitia baru berdasarkan Musyawarah Desa (Musdes) namun panitia baru pun ada 3 yang mengundurkan diri akibat dugaan polemik salah satu bakal calon Kades yang di persulit saat akan mendaftar.***(Eko Cahyono-Munir)