Musdes, Pilkades Pomahan Dilanjutkan Setelah Panitia Mundur Diganti Baru

0

Bojonegoro – Musyawarah Desa (Musdes) soal pengunduran diri seluruh panitia Pilkades di Desa Pomahan,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro yang mundur pada,26 April 2019 lalu,terkait dugaan panitia menutup waktu pendaftaran lebih awal pukul 14.00 WIB yang sempat menuai polemik di Desa tersebut dengan adanya aksi Demo dari masyarakat menutut mundurnya panitia Pilkades.

Pada jumat malam 26 April 2019 panitia mengajukan pengunduran diri sebagai panitia Pilkades dengan cara tertulis dan bermatrai yang di tujukan ke BPD.Pada akhirnya tahapan Pilkades di Desa tersebut sempat tidak jelas antara dilanjutkan sesusi jadwal atau di tunda,sebab panitia,seluruh panitia menyatakan mundur waktu itu.Dan pada,Kamis 2 Mei 2019 BPD Desa Pomahan menggelar Musdes bersama seluruh tokoh masyarakat Desa Pomahan.

Dalam Musdes tersebut membahas tentang mekanisme Pilkades setelah seluruh panitia mengundurkan diri dengan pembahasan Pilkades di Desa Pomahan tersebut di lanjutkan sesuai jadwal,26 Juni 2019 atau ditunda.

Musdes yang berjalan alot akhirnya dalam Musdes tersebut di sepakati Pilkades dilanjutkan sesuai jadwal dengan sistem voting para peserta Musdes yang hadir,dan menetapkan 2 calon yang sudah ada,yaitu,Kepala Desa,Incumbent Hj. Khoirulliswati dan Imam Mawardi,keduanya adalah pasangan suami istri sebagai calon yang diyatakan sah.

Kemudian BPD membentuk panitia baru untuk menggantikan seluruh panitia yang sudah mundur untuk meneruskan tahapan Pilkades sesuai jadwal Pilkades di Desa Pomahan.

Proses pembentukan panitia baru, BPD Desa Pomahan menawarkan pada seluruh masyarakat yang hadir dalam undang Musdes siapa yang mau dan siap menjadi panitia Pilkades,akhirnya ada 11orang panitia terjaring mejadi panitia dalam Musdes murni dari masyarakat yang hadir dalam Musdes tanpa ada Perangkat Desa yang menjadi panitia tersebut karena Perangkat Desa tidak ada yang mau menjadi panitia setelah di tawarkan pada perangkat Desa di luar Perangkat Desa yang sudah jadi panitia yang sudah mengundurkan diri.

Baca :  Tim Anna Wawan Bersilaturohmi Sekaligus Pembubaran Tim

Musdes yang digelar di pendopo Balai Desa Pomahan tersebut di hadiri Pemdes Pomahan,BPD,RT/RW dan tokoh masyarakat setempat serta hadir juga Forpimka Baureno,Camat Baureno dan Kapolsek Baureno.

Camat Baureno saat ditanya awak media mengatakan: “Kita hadir Sebagai Fasilitator,kewenangan ada di BPD”,tutur Luluk Arifah.***(Eko Cahyono-Munir-Red)

Editor: Eko Cahyono