SDN Ronggomulyo 1 Tuban Angkat Kerajaan Blambangan Dalam Sepeda Hias

Tuban-Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 tahun,Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ronggomulyo 1 Tuban,Kecamatan Tuban,Kabupaten Tuban,Jawa Timur ikut memeriahkan dalam ajang perlombaan sepeda hias yang di gelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban ditingkat Sekolah Dasar se-Kecamatan Tuban pada,Kamis 8 Agustus 2019.

Kegiatan lomba sepeda hias dengan mengambil rute Start dari Alun-alun Tuban dan finish di Gor Ranggajaya Anoraga Tuban,yaitu melintasi jalan jalan Veteran,Jalan Basuki Rahmad,Jalan Sunan Kalijogo dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 5 kilo meter dari garis finish.

Lomba sepeda hias tersebut di ikuti 76 regu dari 36 SD dan MI.Dan tiap-tiap Sekolah mengambil tema beragam dari jenis tema yang ditentukan oleh panitia yaitu,Ragam Budaya Nusantara.

Salah satu peserta sepeda hias tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri Ronggomulyo 1 Tuban dengan mengambil tema kerajaan Blambangan.

Antusias wali murid dan para murid juga pihak sekolahan dalam mengikuti ajang lomba sepeda hias ini sangat terlihat.Semangat kemerdekaan menuju Indonesia Unggul yang dilakukan oleh SDN Ronggomulyo 1 Tuban ini terlihat mulai dari pagi sebelum berangkat ke Alun-Alun pada jam 12.00 WIB para murid dan wali murid melakukan persiapan tanpa lelah semangat 45.

Persiapan mereka yaitu,mulai dari menghias sepeda hingga berparas wajah juga menggunakan kostum menyerupai cerita Kerajaan Blambangan seperti Minak Jinggo dan Dewi Wahita tokoh kerajaan dalam sejarah.

Ada 22 murid SDN Ronggomulyo 1 yang terdiri dari 11 perempuan dan 11 laki-laki yang turut serta dalam lomba sepeda hias tersebut.Dan mendapat nomer urutan start 3 (tiga) dengan cara otomatis karena sebagai award tahun lalu SDN Ronggomulyo 1 Tuban telah berhasil meraih juara 3 dalam lomba sepeda hias.

Kismijati selaku koordinator sepeda hias di sekolah tersebut mengatakan bahwa pengambilan tema Kerajaan Blambangan diambil dengan alasan karena selain bagus juga didalam tema tersebut ada nilai sejarah yang perlu di perkenalkan untuk anak-anak melalui sepeda hias ini.Anak-anak yang belum tahu sejarah ini akan tertarik mencari tahu setelah tahu bentuk dan paras Minak jinggo dan Dewi Wahita yang diperankan di lomba sepeda hias oleh mereka.(*)
Penulis:Eko Cahyono

Baca :  Polres Bojonegoro Kembali Kawal Rapid Test di Pasar Banjarjo dan Dander

Direkomendasikan untukmu