Akibat Tambang Pasir Tanggul Desa Pilang Amblas 4 Meter dari Permukaan.

Akibat Tambang Pasir Tanggul Desa Pilang Amblas 4 Meter dari Permukaan.

Bojonegoro-Tanggul Bengawan Solo amblas sekitar 3 sampai 4 meter,tanggul tersebut berada di Desa Pilang,Kecamatan Kanor,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur.

Amblasnya banggunan tanggul yang terbuat dari tanah tersebut di duga akibat adanya aktifitas penambang pasir di seputaran wilayah tersebut.

Tanggul yang mengalami amblas sepanjang sekitar 110 meter dan kejadian tersebut sangat membahayakan masyarakat bila musin penghujan datang atau debit air Sungai Bengawan Solo naik pasti akan rawan jebol.

Adanya kejadian tersebut Pihak Desa Pilang koordinasi dengan pihak Kecamatan Kanor guna melanjutkan laporan ke Pemerintah Kabupaten Bojonegoro supaya cepat di tanggulangi tentang perbaikan juga sebab dan akibatnya soal amblasnya tanggul yang berada di bantaran Bengawan Solo.

Camat Kanor Moh.Mahfud membenarkan bahwa pihak Desa Pilang sudah melaporkan dan sudah koordinasi dengan Kecamatan Kanor 2 minggu yang lalu.

“Amblasnya tanggul ini akibat adanya tambang pasir yang mengakibatkan tanggul amblas mencapai sekitar 3 sampai 4 meter dengan panjang sekitar 110 meter.Melihat kerusakanya sangat parah pihak Desa Pilang tidak mampu dari segi biaya kalau hanya mengandalkan Dana Desa (DD) untuk perbaikan,”ungkap Camat pada,27/9/2019.

“Kita sudah mengajukan ke Pemkab dan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro sudah meninjau lokasi dan kita juga sudah melapor ke Balai Besar,”

“Adanya kejadian itu sebenarnya kita minta ditertibkan supaya tidak sampai mendampak pada tanggul-tanggul lain diwilayah Kanor tapi itu mewenang Provinsi bukan Kecamatan terkait ijin galian C.Dan yang jelas kita juga sudah sosialisasi kewarga setempat bahwa kejadian tersebut akibat adanya tambang pasir mengakibatkan tanah menjadi mudah erosi akhirnya tanggul mudah amblas meski berjarak 100 sampai 200 meter dari lokasi tambang pasir,”pungkas Camat Kanor.***(Eko Cahyono)

Baca :  20 Botol Tuak Diamankan Polsek Bojonegoro Kota

COMMENTS

Tentang Kami | Kontak Kami | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | UU Pers | Disclaimer