BPD Se_Kabupaten Bojonegoro Sinau Bareng di Palembon

0

Reporter.Bambang Sudiono

Editor.Eko Cahyono

Bojonegoro-Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah mitra pemerintahan Desa setiap keputusan maupun kebijakan maka BPD dituntut profisional juga harus bisa mengikuti perkembangan produk hukum tiap undang-undang tentang Desa,yaitu Perdes,Perkades,Peraturan bersama Kades dan peraturan Desa.

Adanya tanggung jawab BPD yang meliputi berbagai aspek tentang produk hukum di Desa sesuai tupoksinya.Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional melalui Dewan pimpinan cabang Kabupaten Bojonegoro menggelar sinau bareng di Balai Desa Palambon,Kecamatan Kanor,Kabupaten Bojonegoro pada,14/12/2019.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh perwakilan seluruh BPD se-Kabupaten Bojonegoro bersama Dewan Aliansi pengurus anak cabang BPD Kecamatan Kanor serta tamu undangan dari BPMPD yang mewakili sebagai narasumber yang turut hadir dalam sinau bareng tersebut.

Imam Rasidi mewakili BPMPD Bojonegoro dalam acara sinau bareng di Desa Palembon menjabarkan tentang materi termasuk penguatan kapasitas BPD untuk menjamin kepastian hukum di Desa.Arah kebijakan penyelengaraan pemerintah Desa.Menghindari terjadinya penyelewengan kekuasan di Desa.Sebagai instrumen pengawasan masyarakat terhadap penyelengaraan pemerintah Desa.

Selain penjabaran materi dalam sinau bareng tersebut juga ada sesi tanya jawab antara narasumber,yaitu Imam Rasidi pada seluruh peserta dalam forum tersebut.

Dalam sesi tanya jawab banyak di banjiri pertanyaan dari BPD,salah satunya pertanyaan yaitu tentang Laporan Keterangan Penyelengaran Pemerintah Desa (LKPD) yang di tanyakan salah satu BPD.

“Kalau ada Kepala Desa yang belanja sendiri dalam membangun Desa,itu salah.Itu tupoksi tim pelaksana proyek.BPD harus mengingatkan,”Tutur Imam Rasidi.S,Sos

“Setiap proyek harus di pasang papan informasi proyek,sebelum proyek di kerjakan bukan setelah selesai,itu sudah diatur dalam Undang-Undang keterbukaan.BPD juga harus mengingatkan,”pesanya.

Selain sinau bareng,kegiatan tersebut juga di isi dengan pembentukan penggurus cabang asosiasi BPD Nasional Kabupaten Bojonegoro di Balai Desa Palemban pada periode 2019-2025.

Baca :  Reses Anggota DPRD Bojonegoro Fraksi Partai Demokrat, Mochlasin Affan