Pencapaian dan Pesan Subchan Selama Menjabat Kepala Desa Banjaran

0

Penulis: Eko Cahyono

Publisher: Eko Cahyono

Bojonegoro-Pengabdian,kata yang pantas disebut untuk suatu pekerjaan tanpa mengenal pamrih dengan banyak jasa,salah satunya adalah yang dilakukan oleh Kepala Desa Banjaran,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro ini yang sebentar lagi habis dari masa jabatanya di bulan April 2020.Mari kita simak sedikit tentang pencapaianya sebagai bentuk penghargaan saat menjabat Kepala Desa Banjaran.

Subchan,SH ini salah satu Kepala Desa di wilayah Kecamatan Baureno terhitung sudah menjabat 2 periode,mulai pertama kali menjabat pada tahun 2008 sampai tahun 2020 ini.Meski dikenal dengan sosok yang akrab dengan masyarakatnya,entah itu di saat ada warganya yang kesusahan maupun ada warganya yang meninggal ia selalu di depan sebagai sosok pemimpin yang mengayomi dan ngopeni.

Pilkadas digelombang 3 di Kabupaten Bojonegoro 19 Febuari 2020 lalu,Ia tidak ikut kembali meski masih ada kesempatan maju sebagai calon Kepala Desa dengan mengacu Undang-Undang Kepala Desa di perbolehkan menjabat 3 periode,namun Ia tidak menggunakan kesempatan itu.

April 2020 ini masa jabatanya sebagai Kepala Desa Banjaran akan selesai dan akan di gantikan oleh Kepala Desa baru yang terpilih di Pilkades.Subchan,SH tercatat saat menjabat selama 2 periode ini banyak pencapaian yang ia capai saat memipin sebagai Kepala Desa.Mulai pelayanan masyarakat,administrasi dan pembangunan infrastruktur di Desa Banjaran di capai.

Selama menjabat di Desa Banjaran,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro bersama Pemerintah Desa ia membangun jalan poros Desa,lingkungan Desa dan lingkungan RT,semua sudah di Paving mencapai 90 persen,yang sebelumya jalan tersebut berjenis makadam (berbatu red).Selain itu Gapura pintu masuk Desa Banjaran juga terlihat megah menyapa setiap pengguna jalan saat hendak masuk atau keluar jalan Desa yang melalui.

Selain itu,Subchan,SH bersama Pemerintah Desa Banjaran selama menjabat juga membuat jembatan baru yang menghubungkan Dusun Banjaran dan Dusun Gadung.

Baca :  Kapolres Bojonegoro Pimpin Rakor Antisipasi Kerumunan Jelang Idul Fitri 1442 H di Masa Pandemi Covid-19

Disisi Pertanian selama dua periode juga ikut menjadi perhatian oleh Subchan,SH,karena mayoritas penduduknya adalah Petani maka selama menjabat sebagai Kepala Desa telah mengembangkan Pertanian,yaitu dengan membangun Cek Dam (pintu air red) yang ada di Dusun Gadung,Dusun Banjaran dan Dusun Kuratan.Adanya 3 Cek Dam tersebut petani di Desa Banjaran bisa panen padi 2 kali dalam satu tahun yang sebelumnya hanya 1 kali.Selain meningkatkan kuwalitas petani,disisi Pendidikan ia juga memperhatikan seperti lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Desanya selalu di prioritaskan setiap ada kegiatan.

Tidak hanya itu,di pelayanan masyarakat Ia juga melakukan pelayanan entah itu di Balai Desa maupun di rumah dengan 24 jam di lakukanya,bahkan di saku maupun di jok motor selalu ada setempel yang dibawa untuk melayani masyarakatnya.

Dalam penghargaan juga banyak diraihnya seperti mendapat juara 3 Administrasi pada tahun 2017 dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan pada tanggal 17 Desember 2018 Desa Banjaran juga sukses masuk 8 Desa Informatik dan transparan.Selain itu pada tahun 2019 Desa Banjaran juga masuk 100 Desa percontohan pengelola SID dan Website Desa.

Subchan,SH saat di temui menuturkan. “Setelah nanti saya purna dan apa yang telah saya perbuat selama 2 periode ini mudah-mudahan Kepala Desa yang baru ini bisa mengemban amanah dari masyarakat,juga bisa memakmurkan masyarakat dan memajukan Desa Banjaran melebihi apa yang saya pimpin 2 periode,”pesanya.

“Keberhasilan saya adalah keberhasilan seluruh masyarakat Desa Banjaran.Kalau ada yang belum berhasil berarti itu kekurangan saya sebagai Kepala Desa,mohon maaf yang sebesar-besarnya.Dan doakan saya,semoga di pekerjaan yang baru lebih sukses,”tutur Subchan,SH.