Hari Ini 3 Desa di Baureno Salurkan BLT DD di Balai Desa Pasinan

353
0

Reporter: Eko Cahyono

Bojonegoro-Adanya pandemi Covid 19 yang merambah dan berdampak pada ekonomi rakyat maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah melakukan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.Peraturan tersebut berubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

Perubahan tersebut mengatur tentang penggunaan Dana Desa untuk pencegahan dan penanganan virus Corona (Covid-19), Padat Karya Tunai (PKT) Desa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa).

Hari ini giliran 3 Desa,Desa Pasinan,Desa Baureno dan Desa Kauman di Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur telah menyalurakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tersebut sesuai Kemendes.Dan bantuan tersebut di salurkan bertempat di Pendopo Balai Desa Pasinan pada penerima BLT di 3 Desa tersebut.

Dari penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari 3 Desa tersebut masing-masing Desa jumlah penerima bervariatif sesuai kondisi masyarakat setempat dalam katagori sebagai penerima dari 14 kretria yang sudah ditentukan Pemerintah.

Desa Baureno penerima Bantuan Langsung Tunai berjumlah 79 Kepala Keluarga,Desa Pasinan penerimanya berjumlah 55 Kepala Keluarga,dan Desa Kauman penerimanya berjumlah 78 Kepala Keluarga.Masing-masing penerima menerima sejumlah uang tunai Rp 600.000 per Kepala Keluarga.

Kepala Desa Pasinan dalam sela-sela pembagian Bantuan Langsung Tunai di Balai Desa Pasinan mengatakan, “Bantuan BLT khususnya di Desa Pasinan penerimanya 55 kepala keluarga dan itu sudah melalui verifikasi Musdes dengan data yang di sodorokan RT sebelumya berjumlah 90,setelah ada verifikasi ternyata ada yang sudah yang menerima BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kemensos maka hanya tinggal 55 Kepala Keluarga penerima BLT dari Dana Desa susuai kretria dari Pemerintah,yaitu 14 kretria yang kita terapakan dalam penyaluran,” tutur Fany Umaidah Kades Pasinan.

Baca :  Kopi Rasa Wifi Paling Dinikmati

“Saya juga berterima kasih pada Pemerintah karena adanya bantuan Covid 19 ini bisa sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat meski penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa 55 Kepala Kekuarga dan penerima BST (Bantuan Sosial Tunai) berjumlah 142 Kepala Keluarga,”pungkasnya.