Anggota Tim Satgas Pangan Bojonegoro Sidak Pasar Pasca Idul Fitri 1441 H

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com-Pasca hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, anggota Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, telah melakukan sidak ke pasar tradisional Kedungadem guna memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok saat ini.

Dari hasil pantauan di lapangan, harga kebutuhan bahan pokok masih dalam kondisi stabil, bahkan ada beberapa yang justru menurun.

“Ada beberapa kebutuhan pokok yang hargannya mulai turun setelah sepekan lebaran, dan normal kembali dari sebelumnya,” kata Kepala Seksi Pengadaan dan Distribusi Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Sutikno Sakib, Senin (8/6/2020) kemarin.

Ia menjelaskan, turunnya harga bahan kebutuhan pokok usai lebaran dikarenakan ketersediaan dan stok pada tingkat distributor masih cukup aman.

Berdasarkan pantauan, harga cabe merah keriting turun dari Rp.13.000 per kilogram menjadi Rp.12.000 per kilogram dan harga bawang putih turun dari Rp.18.000 per kilogram menjadi Rp.15.000 per kilogram. Berbeda dengan cabe rawit, kali ini ada kenaikan, dari sebelumnya Rp.12.000 per kilogram, naik menjadi Rp.15.000 per kilo gram.

“Kalau harga gula pasir secara perlahan ada penurunan Mas, bahkan di saat lebaran kemarin harganya sempat di kisaran Rp.15.000 hingga Rp.16.000 per kilogramnya, namun saat ini turun menjadi Rp.13.000 per kilogramnya, dan ini hampir mendekati HET, yaitu Rp.12.500 karena berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58 Tahun 2018, harga acuan pembelian gula HET di tingkat konsumen sebesar Rp 12.500 per kilogram,”ujarnya.

Sutikno Sakib menambahkan, aktifitas pasar tradisional Kedungadem juga terpantau berangsur normal setelah hari kedua lebaran, dan para pedagang juga terlihat mulai kembali berjualan, bahkan pantauan Senin kemarin (8/6/2020) aktifitas pedagang cukup ramai, meski dua hari sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan Rapid Test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro terhadap pedagang pasar tradisional Kedungadem.

Baca :  Selorejo The Sunrise Of Bojonegoro

Anggota Tim Satgas Pangan juga memastikan, ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih cukup untuk menenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan mendatang.

“Kami bersama Anggota Tim Satgas Pangan yang lain juga akan terus turun dan memantau terkait ketersediaan dan perkembangan harga kebutuhan bahan pokok, sekaligus melakukan pembinaan terhadap para pedagang pasar tradisional, terlebih disaat menjelang dan berlangsungnya kondisi New Normal kali ini,” ujarnya.(*)

Direkomendasikan untukmu