Jelang Idul Adha, Tim Satgas Pangan Bojonegoro Pantau Harga Sembako

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Pemkab Bojonegoro melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar Tradisional Kota Bojonegoro dan pasar Dander,(24-07-2020).

Dari hasil pantauan di lapangan, secara umum harga bahan pokok relatif stabil. Hal itu disampaikan oleh Kasi Pengadaan dan Distribusi Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro, Sutikno Sakib.

Tim pemantau terdiri dari Dinas Perdagangan, Dinas Ketapang, Disnakan, Satpol PP dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bojonegoro.

“Hari ini kami terlebih dahulu mendatangi Pasar Kota Bojonegoro yang menjadi acuan, sekaligus juga melihat aktifitas di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota, setelah itu kami menyisir ke Pasar Dander,” kata Sutikno Sakib.

Menurut dia, saat turun bersama Tim untuk memantau langsung di dua Pasar Tradisional tersebut, harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil dan tidak melebihi Harga Acuan Penjualan di Konsumen (HAPK).

Dia memberi contoh, misalnya, harga telur ayam ras relatif masih stabil, yaitu kisaran 23.000 hingga 24.00 ribu rupiah/kg. itu artinya pergerakan harga masih bisa dikontrol.

Kemudian untuk minyak goreng Bimoli kemasan (sps) 2 liter, terhitung sejak tanggal 20 hingga 24 Juli 2020 terpantau stabil, yaitu 25 ribu.

Kemudian bawang merah kualitas lokal, dipantau harganya justru mengalami penurunan. Semula pada 20 Juli harganya Rp 30 ribu/kg, namun hari ini turun menjadi Rp 28 ribu/kg.

Selanjutnya, cabe merah keriting juga masih stabil, yaitu 16 rb/kg. Kemudian untuk daging sapi murni kualitas bagus, ada di kisaran 95 ribu hingga 100 ribu/kg.

Sutikno Sakib juga mengungkapkan, bila dalam pantauan ini ditemukan pergerakan kenaikan harga yang signifikan, pihaknya bersama pihak terkait bukan tidak mungkin akan melakukan Operasi Pasar. Namun saat ini justru kondisinya masih terpantau stabil dan stok mencukupi.

Baca :  Dinas Perdagangan Bojonegoro, LPG 3 Kilo Harus Dijual Sesuai HET

Giat pemantauan ini akan terus berlanjut hingga mendekati hari H Lebaran Idul Adha 1441 H.

“Untuk jadwal pemantauan berikutnya, kami bersama Tim akan melakukan pantauan di Pasar Tradisional lain, yaitu Pasar Kalitidu dan Padangan (termasuk RPH Padangan), dilanjut Pasar Sumberrejo dan Kedungadem”, pungkasnya.(*)

Direkomendasikan untukmu