Warga Wire Uri Uri Sedekah Bumi, Berdoa Pagebluk Covid 19 Pergi

134
0

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Ditengah pandemi berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkan pagebluk Covid 19 di Negeri ini dengan berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat,mulai dengan 3 M,memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak.Selain itu masyarakat juga berdoa pada sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa untuk segera mengangkat Pagebluk,yaitu Virus Corona (Covid 19).

Warga Dusun Wire,Desa Ngemplak,Kecamatan Baureno,Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur pada,Sabtu 26/9/2020 menggelar Sedakah Bumi dilapangan Telaga Jaya yang berada di Dusun Wire.

Kegiatan Sedekah Bumi ini digelar ditengah Pandemi (Pagebluk Red Jawa),selain sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaya juga untuk sebagai media berdoa bersama-sama agar Pagebluk Covid 19 cepat pergi.

Mujiono Ketua Panitia Sedekah Bumi Dusun Wire menyampaikan bahwa kegiatan sedekah bumi ini sudah dilaksanakan bertahun-tahun setiap Bulan 9 pada Sabtu Keliwon untuk memperingati tradisi Dusun Wire dalam menyampaikan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

“Sampai saat ini Alhmdulillah warga masih melestarikan (Uri-uri Red Jawa) adat Jawa dengan rasa syukurnya dalam bentuk Sedekah Bumi.Semoga ini tetap terus berjalan ditahu-tahun kedepan meski baru kali ini digelar dilapangan Telaga Jaya karena dulunya berada di Pesarehan (Cungkup Red Jawa),”tutur Mujiono Ketua Panitia.

Kepala Desa Ngemplak. “Sedekah Bumi ini adalah bentuk rasa syukur pada Alloh atas nikmat dan karunia yang diberikan pada kita,yaitu Masyarakat Wire.Jangan dilihat dimana tempatnya yang penting niatnya,semoga setiap tahun tetap bisa terlaksana,”tutur Desy Irawati Kades Ngemplak.

Daripantuan awak media ini dalam sedekah bumi tersebut secara sukarela warga berbondong-bondong membawa makanan yang ditaruh dinampan (Encek Red Jawa) untuk sebagai hidangan yang dibagikan saat selesai berdoa bersama-sama di acara sedekah bumi tersebut.Selain itu sedekah bumi ini juga di isi dengan tausiyah siraman rohani yang di isi oleh Kyai setempat H.Abdul Qorib dan Kyai dari Lamongan,Kyai Mustakim.(*)

Baca :  Peringati HUT Bhayangkara ke 72, Polres Bojonegoro Bersama Instansi Terkait Menggelar Bhakti Sosial