Jelang Natal & Tahun Baru, Tim Satgas Pangan Pantau Ketersediaan Pangan di Sejumlah Pasar Tradisional

0

Reporter: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2021, Tim Satgas Pangan Kabupaten Bojonegoro bersama Polres dan Instasi terkait, telah melakukan pemantauan di sejumlah Pasar Tradisional, Kamis (17/12/2020). Tim Satgas Pangan mengecek kondisi harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok ke sejumlah pedagang.

Menurut salah satu anggota Tim Satgas Pangan, Sutikno Sakib yang juga Kasi Pengadaan dan Distribusi Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, bahwa pemantauan yang dilakukan bersama Tim kali ini untuk memastikan stok ketersediaan dan harga kebutuhan pokok aman, sekaligus antisipasi adanya penimbunan sembako. Beberapa lokasi yang dipantau, yakni Pasar Sumberrejo dan Pasar Kedungadem.

“Ya, sesuai jadwal, hari ini kita melakukan pemantauan di Pasar Sumberrejo dan Pasar Kedungadem, setelah sebelumnya Tim juga melakukan pemantauan di Pasar Padangan, Pasar Kalitidu dan Pasar Dander,” ungkap Sutikno Sakib.

Dari hasil pantauan Tim ke sejumlah pedagang, ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga, seperti telur, minyak dan cabai. Seperti harga telur, beberapa hari lalu harganya 22 ribu rupiah/kg, kali ini naik menjadi 26 hingga 27 ribu rupiah/kg. Hal serupa juga terjadi pada Minyak Goreng curah, sebelumnya 12 ribu/kg, sekarang naik menjadi 13.500 ribu/kg, untuk cabai yang mengalami kenaikan adalah jenis cabai lompong, dan beberapa sayur mayur juga sedikit mengalami kenaikan.

Sementara untuk bawang merah justru mengalami penurunan, semula harga 30 ribu/kg, saat ini turun menjadi 27 hingga 26 ribu/kg. Sedangkan untuk beras, gula dan daging harganya masih tetap normal, untuk beras medium harga Rp 8.500/kg, untuk daging kualitas super harganya di kisaran 100 hingga 105 ribu/kg. Menurut salah satu penjual daging di pasar Sumberrejo, di saat pandemi Covid 19 ini terjadi penurunan pembeli yang cukup signifikan.

Baca :  Tiga Pasar Daerah Bojonegoro, Akan Di Bangun Ahir 2016

“Kenaikan harga memang sudah menjadi hukum ekonomi bagi para pedagang maupun pembelinya, ketika permintaan meningkat, harga dipastikan akan naik, sebaliknya disaat permintaan menurun, maka harga juga akan turun,” tutur Sutikno Sakib,S.H.

Pihaknya berharap dalam menyongsong Natal dan Tahun Baru 2021 kali ini tidak ada kelangkaan-kelangkaan produk, juga tidak ada kenaikan-kenaikan yang signifikan,” artinya mudah-mudahan ketersediaan dan harga masih relatif terjangkau,” ungkap Sutikno Sakib.

Selain itu, untuk bisa menjaga kestabilan harga bahan pokok, Tim Satgas Pangan akan terus melakukan koordinasi dan pemantauan. Adapun Tim Satgas Pangan yang melakukan pemantauan kali ini meliputi Polres, Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Bagian Perekonomian Setda dan Bulog Sub Divre Bojonegoro.(*)