Pasca Jebolnya Tanggul di Kanor, Bupati Perintahkan PU SDA Bangun Check Dam

247
0

Reporter: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com –Jebolnya tanggul Kali Ingas turut Desa Gedongarum – Desa Kedungprimpen di Kecamatan Kanor kini mulai berangsur surut setelah pasca jebolnya tanggul tersebut ditanggulangi oleh berbagai elmen.(17/12/2020).

Tanggul Sungai Kali Ingas tersebut mengalami jebol pada tanggal 14/12/2020 sekitar pukul 18.00 WIB dan mengancam ratusan hektar tanaman padi gagal panen.

Pada Rabu,16/12/2020 Bupati Bojonegoro Dr.Hj.Anna Mu’awanah meninjau langsung jebolnya tanggul dan bertemu para warga yang sedang bergotong royong membenahi jebolnya tanggul tersebut.Bahkan,Bupati memberi semangat pada semua warga dan menghimbau tetap berhati-hati saat membenahi tanggul dalam situasi banjir.

Bupati beserta rombongan turun kelokasi dengan menggunakan perahu mesin (Sekoci) untuk menyusuri Kali Ingas menuju titik jebolnya tanggul.

Jebolnya tanggul Kali ingas sendiri ditenggarai karena memang disitu terjadi titik pertemuan dua Sungai, yakni dari Sungai arah Kepohwates dan Sungai dari arah Talun Kecamatan Sumberrejo, sehingga selalu menjadi langganan banjir ketika curah hujan tinggi, serta naiknya debit air Sungai Bengawan Solo yang berada di Desa Lebaksari yang merupakan hilir Kali Ingas dan mengakibatkan air tidak bisa mengalir ke Sungai Bengawan Solo.

Dikutip dari Suarabojonegoro.com bahwa dalam tinjauanya di lokasi bencana,Bupati Bojonegoro telah memerintahkan Kepada Dinas PU SDA untuk segera melakukan perencananaan, pemetaan dan langkah strategis untuk tanggulangi luapan air Kali Ingas agar tidak menjadi langganan setiap tahun dengan segera membuat Pintu Pengendalian Banjir (check Dam) di hilir Kali Ingas turut Desa Lebaksari Kecamatan Baureno.

Dalam penangganan jebolnya tanggul tersebut seluruh element masyarakat, dibantu rescue dari BPBD, Damkar, Kodim 0813 Bojonegoro, Brimob, Satpol PP, bergotong royong tanggulangi luapan air Sungai dengan membendung tanggul yang jebol dengan menggunakan karung berisi tanah dan bambu.(*)

Baca :  Delapan Kab/Kota Tanda Tangani Komitment Bersama Program Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terintegrasi Provinsi Jawa Timur.