14 Damkar Dikerahkan Untuk Memadamkan Pasar Kepoh

0

Transbojonegoro.com – 14 Unit Damkar Berhasil Padamkan Api di Pasar Kepohbaru Bojonegoro
Kondisi Pasar Kepohbaru setelah kebakaran, Jum’at 19/2/21.
BOJONEGORO – 350 toko/lapak beserta barang dagangan yang berada di pasar Kepohbaru, ludes dilalap si jago merah. Kebakaran tersebut terjadi pada Kamis, 18/2/2021, pukul 20.30 WIB malam hari. Api berhasil dipadamkan pukul 02.50 WIB.

Informasi terkait kerjadian tersebut pertama kali diketahui dan disampaikan seorang warga yang bertempat tinggal di depan pasar Kepohbaru, selanjutnya melapor ke Kepala Pasar, Ahmad Tauqid.

Memperoleh informasi itu, Kepala Pasar segera melakukan pengecekan ke lokasi, bersama petugas Satpol PP Kecamatan Kepohbaru selanjutnya melapor pada Polsek setempat serta BPBD Kabupatent Bojonegoro.

Dijelaskan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Gunawan, bahwa kebakaran yang terjadi di pasar Kepohbaru, mengakibatkan 350 unit lapak/toko beserta barang berbagai macam dagangan hangus terbakar.

Dari keterangan sejumlah warga yang mengetahui kejadian itu, api semula berasal dari salah satu toko/lapak milik seorang pedagang. Namun, warga mengatakan api tiba-tiba membesar, jelasnya.

Melihat kondisi api semakin besar, warga berusaha mendekat dan melakukan upaya pemadaman semampunya. Juga membantu para pedagang menyelamatkan barang dagangan.

Bangunan pasar yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu dengan atap galvalum. Beberapa saat kemudian, BPBD mengerahkan 7 unit Pemadam Kebakaran (Damkar), sehingga api berhasil dipadamkan.

“Saat kebakaran warga sekitar bersama pedagang telah melakukan upaya semampunya melakukan pemadaman, serta menyelamatkan barang dagangannya, namun api dengan cepat merembet dan membesar,” tutur Gunawan, sapaan akrab Kepala Dinas Damkar Bojonegoro.

Tampak di lokasi kejadian, Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, berserta anggota dan Tim Inafis dan Kapolsek Kepohbaru, BPBD Kabupaten Bojonegoro dengan 11 armada, BPBD Kabupaten Lamongan dengan 2 armada, anggota Koramil, Satpol PP Kecamatan Kepohbaru dan  perangkat desa setempat.

Baca :  Gebyar Expo Dan Pelayanan Publik 2016

Lebih lanjut dijelaskan, 7 (tujuh) unit fire truck  dan water supply dari Dinas Pemadam Kebakaran serta 2 (dua) unit water supply milik BPBD Bojonegoro dikerahkan. Juga ditambah 2 (dua) unit kendaraan pemadam dari Damkar Kabupaten Lamongan, serta 3 unit dari Damkar Kabupaten Tuban.

“14 unit kendaraan beserta 75 orang personel dari Dinas Pemadam Kebakaran tiga Kabupaten dikerahkan untuk memadamkan api di pasar Kepohbaru,” terangnya.

“Hingga saat ini petugas masih melakukan penyelidikan sumber api yang mengakibatkan kebakaran pasar Kepohbaru. Kerugian materi 350 toko beserta isi dan masih menyisakan 12 unit toko yang berada di depan,” ditambahkan Gunawan.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar selalu waspada menjaga rumah, terlebih saat meninggal rumah atau toko (bagi yang memiliki usaha) mohon dipastikan dalam kondisi benar-benar aman. ***(Munir)