Salah Satu Syarat Melamar Perangkat Desa Memakai 5 Materai Rp 10 Ribu

285
0

Oleh: Eko cahyono

Bojonegoro – Opini publik semakin megemuka setelah ada pengumuman lowongan perangkat desa dibuka.Ini bukan soal membicarakan tentang dugaan kongkalikong atau jurdil karena bukan rahasia umum lagi.Ini soal rasan-rasan syarat yang menjadi persyaratan untuk bakal calon yang telah ditetapkan oleh panitia pada tahapan pendaftaran pengisian perangkat desa.

Adanya informasi 16 desa diwilayah Kecamatan Kanor sedang membutuhkan lowongan perangkat desa bagai angin segar terdengar untuk pemuda pemudi yang sedang cari kerja sebagai solusi disaat lulus sekolah belum bekerja.

Angin segar terdengar saat ada kabar tentang adanya lowongan pengisian perangkat desa,namun saat mereka membaca syarat yang menjadi persyaratan geleng kepala.Bukan soal syarat perilaku atau peryataan yang dikeluhkan yang menjadi syarat,dan bukan juga kemampuan yang jadi keluhan untuk sebuah pembuktian.Ini tentang syarat banyaknya materai yang harus di beli sebagai salah satu peryaratan mengajukan bakal calon perangkat desa.Baru bakal calon.

Seperti di salah satu desa termasuk 16 desa di Kecamatan Kanor yang ikut mengisi.Disudut warung kopi penuh ciri khas cangkir disitu warga mengupas informasi yang didengar maupun dilihat sebagai bumbu disaat menikmati kopi tanpa wifi.

Luapan sayup-sayup terdengar dari sudut warung,entah terdengar oleh pemilik warung atau pembeli lain.Mereka membicarakan beberapa jumlah persyaratan yang memakai materai sebagai calon pencari kerja yang katanya sebagai pekerja berkatagori abdi negara.

Tertera dalam brosur ada  tentang syarat berkas yang menggunakan 5 materai yang harus dibeli sebagai legalitas pernyataan yang harus dijalani setiap bakal calon untuk melengkapi.

1.Surat permohonan pendaftran secara tertulis dengan tangan,pakai tinta hitam ditunjukan kepada tim pengisian perangkat desa bermaterai Rp 10 ribu.

2.Surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa bermaterai Rp 10 ribu.

Baca :  Dana Abadi Perlu

3.Surat pernyataan setia kepada Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 bermaterai Rp 10 ribu.

4.Surat pernyataan tidak sedang menjalanin hukuman penjara dengan hukuman badan atau hukuman percobaan bermaterai Rp 10 ribu.

5.Surat pernyataan sanggup bertempat tinggal diwilayah desa bermaterai Rp 10 ribu.

Harga materai Rp 10 ribu,kalau di estimasi harga standar ditoko Rp 11 ribu perbiji.Bila ada 5 materai tinggal dikalikan.Pendaftar bakal calon perangkat desa harus siap merogoh kocek Rp 55 ribu untuk membeli materai untuk mempersiapkan berkas legalitas persyaratan administrasi,belum termasuk persyaratan lain-lainya.

Disudut lainya masih diwarung kopi yang sama,bukan berada di generasi kaum menunduk wifi dan game.Disitu masih banyak celoteh antar teman saat menikmati secangkir kopi dan saling berbagi informasi maupun rasan-rasan apa yang diketahui,entah itu benar atau tidak.Toh namanya bebas berpendapat,ya harus bicara meski ditingkat paling bawah “Di Warung Kopi”. Yang hobby minum kopi pasti pernah merasakan suasana ini.

Ini bukan tentang harga kopi maupun harga materai tapi tentang pahit dan manis yang bercampur menjadi satu “Wedang Kopi” yang menjadi awal dalam pembahasan setiap musim,bukan musim panen”,tapi musim pengisian perangkat desa.

Menjadi perangkat desa memang harus berkualitas dan berkuantitas untuk menjalankan roda pemerintahan dalam membantu Kepala Desa.Panitia punya hak menyelenggarakan dengan mencari bakal calon yang benar-benar dibutuhkan oleh desa.Dengan tatib yang dibuatnya.

Seraya waktu terus berputar kopi hitam telah habis celoteh dihentikan oleh pengamat dadakan soal perangkatan.Pemilik warung segera membawa kain lap untuk menghapus jejak dengan mengelap bekas kopi yang tumpah.Kopi didalam cangkir tetap menguap meski ditutup rapat.*