Tim Relawan SD’GS Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru Mendapat Pembekalan dan Bimtek

307
0

Bojonegoro – Hari ini puluhan relawan mengikuti Bimtek dan Pembekalan Tim Relawan SD’GS (Sustainable Develoment Goals), yang digelar Pemerintah desa Sugihwaras kecamatan kepohbaru Kabupaten Bojonegoro Jawa – Timur.6/4/21.

Sebelumnya Bimtek dan pemutakhiran data Berbasis SDG’s, untuk Kades, Sekdes beserta Pokja relawan dilaksanakan di Kecamatan Kepohbaru Kemarin.

Bambang Sutejo Kepala desa Sugihwaras melalui Puguh Hariyadi sekdes sugihwaras mengatakan bimtek tersebut melibatkan, Mahasiswa, karang taruna, PKK, pendamping desa dan pemerintah desa serta berbagai unsur lainnya.

Menurutnya, sesuai Permedesa No.21 tahun 2020. Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, hal ini dilakukan untuk memastikan program pembangunan dilakukan secara tepat berdasarkan kebutuhan masing-masing desa.

“Implementasi SDGs desa diawali dengan adanya data valid, akurat, berkesinambungan, dan update di tiap desa,” ujarnya.

Selain itu, desa diminta untuk membentuk relawan desa terkait pemutakhiran data desa berbasis aplikasi.

“Tujuan di bentuknya relawan SDG’s adalah untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan, sehingga desa memperoleh relevansi untuk menyiapkan pembangunan desa secara total dalam pematangan konsep dukungan kebijakan kelembagaan, serta pendataan detail dari dalam desa, karena prioritas dana desa berdasarkan pendataan.
“Ujarnya.

Pengertian SDG’s

Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Baca :  Musrenbang Di hadiri Kades Se-Kecamatan Baureno

Empat Pilar SDGs.
Pilar Pembangunan Sosial
Pembangunan Sosial SDGs adalah tercapainya pemenuhan hak dasar manusia yang berkualitas secara adil dan setara untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat​

Pilar Pembangunan Lingkungan
Pembangunan Pembangunan Lingkungan SDGs adalah tercapainya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan

Pilar Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi SDGs adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan peluang kerja dan usaha, inovasi, industri inklusif, infrastruktur memadai, energi bersih yang terjangkau dan didukung kemitraan

Pilar Pembangunan Hukum dan Tata kelola

Pembangunan Hukum dan Tata Kelola SDGs adalah terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan, akuntabel dan partisipatif untuk menciptakan stabilitas keamanan dan mencapai negara berdasarkan hukum​.(Bm/red).