Camat Kepohbaru, Tim Pengisian Perangkat Desa Tidak Boleh Melenceng Perda dan Perbup

0

Transbojonegoro.com – 18 desa di wilayah Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur bakal mengisi kekosongan jabatan perangkat desa. Dalam 4 hari kerja terhitung mulai tanggal 24 sampai 28 Mei 2021 secara bertahap 18 desa ini menggelar tahapan sosialisasi pembentukan panitia pengisian perangkat desa.

 

Camat Kepohbaru, Sri Nurma Arifa menyampaikan dalam sambutanya di Desa Ngranggonanyar saat menggelar sosialisasi pengisian perangkat desa di Pendopo Balai Desa setempat bahwa kegiatan ini adalah pembentukan tim pengisian perangkat desa, dan apa bila sudah terbentuk akan ditetapkan oleh Kepala Desa untuk mengisi kekosongan perangkat desa sesuai dengan Perda maupun Perbup Kabupaten Bojonegoro. Selasa (25/5/2021).

 

“Pada dasarnya tim pengisian perangkat desa yang dibentuk tidak boleh melenceng dari aturan. Tim yang sudah dibentuk yang berjumlah ganjil tersebut akan dilantik Kepala Desa, dari anggota tim tersebut boleh diambil dari unsur perangkat desa, unsur toko masyarakat dari unsur pemuda, dan unsur perempuan. Kepala Desa dan BPD tidak boleh menjadi tim,”tutur Sri Nurma Arifa Camat Kepohbaru.

 

Selain itu, Sri Nurma Arifa juga menjelaskan bahwa apa bila ada BPD yang akan ikut mencalonkan harus mundur dulu dan surat diajukan ke Bupati. Apa bila ada perangkat desa yang akan ikut sebagai peserta harus ijin dulu ke Kepala Desa. Dan tim pengisian perangkat desa akan di Bimtek sebelum bekerja.

 

“Tim pengisian perangkat desa akan kami Bimtekan di Kabag Hukum dan DPMD Bojonegoro supaya tahu cara kerja sebagai tim pengisian perangkat desa setelah terbentuk dan dilantik, tim tugasnya adalah menyusun program kerja dan juga membuat Tatib. Setiap desa sudah saya wanti-wanti supaya tidak melenceng dari Perda maupun Perbup pada tim yang menjadi pelaksana pengisian perangkat desa,”pungkas Sri Nurma Arifa Camat Kepohbaru.

Baca :  Hadiri Shalawat yang Diadakan PWI Bojonegoro, Kapolres Berpesan Wartawan Mampu Menjadi Media Pemersatu Bangsa

 

Berikut ini nama 18 desa di wilayah Kecamatan Kepohbaru yang mengisi kekosongan perangkat desa yang sudah masuk pada tahapan sosialisasi pengisian perangkat desa. Desa Pejok, Brangkal, Simorejo, Sumberagung, Ngranggonayar, Phowates, Sumberoto, Bumirejo, Jipo, Mudung, Woro, Nglumber, Sumbergede, Sugiwaras, Kerangkong, Kepoh, Cengkir, dan Desa Karangan. Dari 18 desa tersebut total akan mengisi 24 formasi lowongan perangkat desa.**(Eko Cahyono-Munir)