Desa Kepoh Bentuk Tim Pengisian Perangkat Desa Untuk Mengisi Kasi Kesra

0

Transbojonegoro.com – Desa Kepoh, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, mengisi kekosongan jabatan perangkat desa di formasi lowongan Kasi Kesejateraan (Kesra) di pengisian perangkat desa yang bakal digelar serentak oleh Kecamatan sebagai fasilitator pelaksana di 18 desa diwilayah Kecamatan Kepohbaru yang digelar tahun 2021 ini.

Pembentukan tim pengisian perangkat desa dan sosialisasi ini digelar di Pendopo Balai Desa Kepoh dengan dihadiri tamu undangan mulai dari Forpimcam Kepohbaru dan unsur tokoh, mulai dari tokoh masyarakat, agama, pemuda, perempuan, dan perangkat desa, beserta BPD, RT/RW, Linmas pada, Jumat (28/5/2021).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB ini seluruh tamu undangan mendapat sosialisasi tentang tahapan pengisian perangkat desa yang dijelaskan oleh Forpimcam Kepohbaru melalui Sekretaris Kecamatan, Junaedi beserta Kasi Kesra Kecamatan Ahmad Daut sebelum Pemdes Kepoh membentuk tim pengisian perangkat desa dikegiatan tersebut.

Sekretaris Kecamatan Kepohbaru Junaedi menyampaikan bahwa yang menjadi tim pengisian perangkat desa harus sering-sering komunikasi dengan Kecamatan, Polsek, maupun Koramil supaya pengisian perangkat bisa berjalan lancar dan kondusif.

“Pembentukan tim pengisian perangkat desa ini adalah tahap awal dalam melaksanakan pengisian perangkat desa. Nanti tim dan anggota yang terpilih jangan sewena-wena dan harus tetap koordinasi pada semua masyarakat. Kecamatan hanya mefasilitasi tempat dan waktu kalau mencari rekanan atau mitra pembuat soal Kecamatan tidak ikut campur,”tutur Junaedi Sekcam Kepohbaru.

Selain itu, Kasi Kesra Kecamatan Kepohbaru Ahmad Daut juga menyampaikan bahwa pengisian perangkat desa sudah diatur dengan Perda maupun Perbup Bojonegoro. Untuk mengisi kekosongan perangkat desa itu ada dua cara, yaitu lewat cara mutasi dan penjaringan. Desa Kepoh ini melaksanakan penjaringan pengisian perangkat desa.

“Untuk tim yang membentuk adalah Kepala Desa, dan tim tugasnya adalah menyusun program kerja sebelum melaksanakan tugas di tahapan-tahapan pengisian perangkat desa selain membuat tatib. Untuk anggaran pelaksanan di bebankan pada APBDes,”tutur Ahmad Daut Kasi Kesra Kecamatan Kepohbaru.

Baca :  Ketua Umum PSHT Pusat, Murjoko Himbau Warga PSHT, Supaya Tidak Terprovokasi

Dalam pembentukan tim pengisian perangkat desa dan sosialisasi yang digelar, Kepala Desa Kepoh, Muslikun menyampaikan menindak lanjuti jadwal dari Kecamatan pengisian perangkat desa bahwa dasar saya untuk membentuk tim pengisian perangkat desa di Desa Kepoh.

“Nantinya yang menjadi tim di Desa Kepoh harus berkompenten, mau dan mampu. Mau menjalankan proses sampai akhir dengan lancar dan sukses. Dan saya sebagai Kepala Desa tidak akan intervensi tim dalam bekerja. Saya menyerahkan sepenuhnya ke tim yang sudah ditunjuk.Tugas Kepala Desa hanya membentuk tim pengisian perangkat desa dan selanjutnya semuanya saya serahkan ke tim. Semoga pengisian perangkat desa di Desa Kepoh berjalan aman, lancar, dan sukses,”ungkap Muslikun Kades Kepoh.***(Eko Cahyono-Munir)