Desa Nglumber Gelar Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pengisian Perangkat Desa

0

Transbojonegoro.com – Desa Nglumber, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro menggelar pembentukan tim dan sosialisasi pengisian perangkat desa untuk mengisi kekosongan satu jabatan perangkat desa di formasi Kepala Dusun (Kasun) Sambongrejo di Desa Ngelumber.

Pembentukan tim pelaksana pengisian perangkat desa dan kegiatan sosialisasi ini digelar di Pendopo Balai Desa Ngelumber dengan dihadiri oleh Forpimcam Kepohbaru, Pemdes Ngelumber, BPD, RT/RW dan seluruh tokoh masyarakat Desa Ngelumber pada, Kamis (27/05/2021).

Dalam tahapan pengisian perangkat desa tersebut dimulai dari sosialisasi tahapan dan dilanjutkan dengan pembentukan tim pelaksana pengisian perangkat desa dan setelah itu tim yang terdiri 5 orang dari 5 unsur tokoh, agama, perempuan, pemuda, perangkat desa, dan tokoh masyarakat di lantik oleh Kepala Desa Ngelumber Moch.As’at S.A,S.HI setelah melalui musyawarah di forum pembentukan tim dan sosialisasi yang digelar.

Forpimcam Kepohbaru melalui Sekretaris Kecamatan Kepohbaru Junaedi menyampaikan bahwa ini tahapan awal dari tahapan pengisian perangkat desa yang dibentuk langsung oleh Kepala Desa Ngelumber dari 5 unsur tokoh di desa. Nantinya ke 5 tim tersebut akan diberi kewenangan untuk melaksanakan pengisian perangkat desa sepenuhnya.

“Bahwa pembuatan tim ini akan dilakukan Bimtek setelah dibentuk, supaya tidak melenceng dari Perda maupun Perbup saat menjalankan tugasnya. Karena tim akan menjalankan tugasnya sampai akhir dari tahapan pengisian perangkat desa,”tutur Junaedi Sekcam Kepohbaru.

Masih kata Sekcam, “Tim yang sudah dibuat sering-sering koordinasi dan komunikasi dengan Kecamatan sebagai fasilitator supaya tidak muncul permasalahan maupun kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Tim harus transparan dan jujur,”pesan Junaedi.

Selain itu, Ahmad Daut selaku Kesra Kecamatan Kepohbaru menambahkan bahwa pelaksanaan pengisian perangkat desa sudah sesuai Perda maupun Perbup. Pengisian perangkat desa itu ada dua cara, yaitu dengan mutasi jabatan atau dengan penjaringan. Dan 18 desa di Kecamatan Kepohbaru ini melaksankaan penjaringan pengisian perangkat desa, maka difasilitasi oleh Kecamatan karena lebih dari satu desa yang melaksanakan. Untuk panitia harus membuat tahapan kerja sebagai pelaksana yang sudah diberi SK oleh Kepala Desa sesuai Perda maupun Perbup Bojonegoro.

Baca :  3 Politisi Partai Demokrat Ngetan Bareng Bersama Warga di Kenduruan

Setelah itu, Kepala Desa Nglumber Moch.As’at S.A,S.HI mengukuhkan ke 5 orang tim pengisian perangkat desa dengan Surat Keputusan (SK) Nomor: 188/15/KEP/412.408.07/2021 tentang pembentukan tim perangkat desa di Desa Ngelumber, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dari hasil musyawarah bersama setelah ke 5 tim tersebut disepakati oleh seluruh tamu undangan.**(Eko Cahyono-Munir).