Kabar Gembira di Hardiknas, Pemkab Bojonegoro Sudah Anggarkan 39,7 Miliar Untuk Beasiswa Pendidikan

0

Editor : Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Kabar gembira di Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Bojonegoro karena Pemerintah Kabupaten telah berupaya peningkatan sumber daya manusia yang unggul, Pemkab Bojonegoro telah menganggarkan Rp 39,7 Milliyar untuk program beasiswa bagi mahasiswa khusus Bojonegoro yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dikutip dari akun Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bahwa Sekretaris Dinas (Sekdin) Kabupaten Bojonegoro Lasiran mengatakan, tujuan pemberian beasiswa ini untuk mengurangi jumlah mahasiswa di wilayah Bojonegoro yang putus kuliah karena kurangnya biaya untuk melanjutkan pendidikan, serta mewujudkan pemerataan IPTEK (ilmu pendidikan dan teknologi).

“Selain itu untuk memberikan apresiasi terhadap mahasiswa Bojonegoro untuk lebih berprestasi,” ucap Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan, beasiswa tersebut terbagi menjadi dua yaitu Beasiswa Scientist dan Beasiswa 1 Desa 2 Sarjana. Untuk Beasiswa Scientist dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Peternakan dan Perikanan.

Sementara Beasiswa 1 Desa 2 Sarjana yaitu dalam 1 desa akan diambil 2 orang untuk mendapatkan beasiswa di berbagai jurusan,” ungkapnya.

Nantinya, para penerima akan mendapatkan beasiswa berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sementara periode pendaftaran beasiswa ini terakhir yaitu, 30 Mei 2021.

Adapun syarat memperoleh beasiswa tersebut adalah.

  1. Membawa surat permohonan kepada Bupati melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro

  2. Surat keterangan mahasiswa dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri)

  3. Foto kopi Kartu Keluarga (KK)

  4. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  5. Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

  6. Foto kopi Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Penerima Manfaat (KPM) khusus untuk beasiawa 1 desa 2 sarjana

  7. Foto kopi Kartu Hasil Studi (KHS) dengan IPK min 2,75 untuk Beasiswa 1 Desa 2 Sarjana, dan IP 3.00 untuk Beasiswa Scientist

  8. Bila dinyatakan lolos maka semester berikutnya cukup menyerahkan Kartu Hasil Studi (KHS).(*)

Baca :  Wantimpres Bersama Wabup Hadir di HUT Koprasi Karep