Soal Sampah,Pemdes Pasinan Siapkan Tenaga Kebersihan dan Bak Sampah

0

Transbojonegoro.com – Pemerintah Desa Pasinan, Kecamatan Baureno Bojonegoro sudah beberapa kali membersihkan tumpukan sampah yang dibuang oleh orang tak bertanggungjawab. Ini menyusul adanya keluhan masyarakat terkait tumpukan sampah di pinggir Jalan Poros Kecamatan Baureno-Kanor, tepatnya turut Desa Pasinan.

Kepala Desa Pasinan, Fanny Khumaydah menegaskan selain membersihkan tumpukan sampah, Pemdes Pasinan juga membuat pengumuman berisi larangan membuang sampah di pinggir jalan. Namun nyatanya warga luar desa Pasinan tidak menghiraukan imbauan tersebut.

“Dari Pemdes sendiri sudah beberapa kali membersihkan serta memberikan imbauan namun tetap terjadi berulang kali,” tegasnya.

Pemdes Pasinan, lanjut dia, warga yang membuang sampan bukan warga Pasinan. Pemdes sebenarnya telah menyiapkan bak sampah dan tenaga kebersihan untuk menjaga kerindangan jalan poros desa.

“Lokasinya memang berada di sekitar gang antara Desa Pasinan dan Karangdayu. Kami sendiri sudah menyiapkan sampah dan tenaga kebersihan,” sambung Fanny.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Hanafi angkat bicara terkait tumpukan sampah yang menggunung tersebut. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk saling mengingatkan yakni berusaha menjaga kebersihan lingkungan.

Dari data yang diperoleh melalui Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, hingga tahun 2021 ini jumlah tempat pembuangan akhir (TPA) di Kabupaten Bojonegoro tercatat ada dua desa, yakni Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk dan wilayah barat tepatnya berada di Desa Bandungrejo, Kecamatan Trucuk.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk saling mengingatkan dengan berusaha menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Baca :  Sasmito Anggoro Ketua SMSI Bojonegoro, Masyarakat Harus Paham Tugas Wartawan