Berhadiah 50 Juta Lomba Berburu Tikus di Kecamatan Kanor

0

Reporter: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Seluruh kelompok tani di wilayah Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, hari ini mendapat sosialisasi lomba berburu tikus dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang digelar di Pendopo Kecamatan Kanor pada, Rabu (2/6/2021).

Dalam sosialisasi ini di hadiri oleh Dinas Pertanian melalu Kabid Sarana Prasarana dan perlindungan tanaman pertanian, Zaenal Fanani, dan Forpimcam Kanor, Camat Kanor, Polsek Kanor, Koramil Kanor beserta Koordiantor Penyuluh Pertanian Kecamatan Kanor Jumadi dan beberapa Kepala Desa diwilayah Kecamatan Kanor.

Moh.Mahfud Camat Kanor dalam sosialisasi menyampaikan bahwa mayoritas petani di Kecamatan Kanor menanam padi, dan acara hari ini sangat berguna bagi petani karena lomba berburu tikus sangat bagus untuk membasmi tikus karena hama tikus sangat mempengaruhi hasil panen.

“Adanya sosialisasi lomba berburu tikus ini sangat penting untuk para petani karena hama tikus di Kanor sendiri sangat banyak, maka pernah petani di Kanor memasang jebakan tikus pakek listrik tapi alhmdulillah sekarang berkurang. Dan kegiatan berburu tikus ini sangat bagus bagi petani dan tidak berbahaya untuk mengatasi hama tikus disawah,”tutur Camat Kanor, Moh.Mahfud.

Tikus adalah hama utama di wilayah Bojonegoro menyerang tanaman para petani. Dinas Pertanian setiap tahun dalam menanggulangi hama tikus di Bojonegoro hampir pertahunya Dinas Pertanian mengeluarkan bantuan pestisida sekitar 4 ton, bahkan pernah 8 ton. Hama tikus sekarang bukan hanya menyerang tanaman padi saja tapi juga tanaman tembakau dan jagung.

“Dinas Pertanian mencoba sistem baru untuk menanggulangi hama tikus yang setiap tahunya meningkat dengan cara memburu tikus dengan mengadakan lomba berburu tikus di Kecamatan Kanor. Dan kita pertama kali mengadakan di Kecamatan Kanor. Semoga Kecamatan Kanor sebagai pioneer lomba berburu tikus,” tutur Zaenal Fanani selaku Kabid sarana prasarana dan perlindungan tanaman.

Baca :  Desa Bakalan Tambakrejo Punya Icon Patung Sapi

Selain itu, Susana Kasi Perlindungan Tanaman dalam sosialisasi tersebut menerangkan bahwa kegiatan ini menindak lanjuti surat edaran larangan tentang pemasangan aliran listrik sebagai menanggulangi hama tikus disawah dari Bupati. Dinas Pertanian mengadakan kegiatan lomba berburu tikus untuk menekan populasi hama tikus di sawah. Kecamatan Kanor terpilih sebagai pertama kali lomba berburu tikus diadakan.

“Untuk peserta lomba berburu tikus tahun 2021 ini usia dibatasi maksimal 60 tahun, dan bukan PNS. Untuk peserta cara menghitung hasil buruan tikus dengan cara mengumpulkan ekor tikus lalu dikumpulkan di kelompok tani setempat, lalu kelompok tani mengumpulkan di Balai Desa, kemudian diteruskan ke Kantor UPT Kecamatan Kanor. Dan tentang hadiah akan ditransfer di rekening kelompok tani masing-masing. Hadiah totalnya Rp 50 juta dengan target 25 ribu ekor tikus, setelah itu lomba ditutup setelah mencapai target,” tutur Susana Kasi Perlindungan Tanaman.